Simaan dan Sidang Munaqosyah di Kesatrian Taruna Islam al-Khairiyah Citangkil Memikat Hati Penonton

Cilegon,- Kesatrian Santri Taruna Islam al-Khairiyah Citangkil menyuguhkan acara tahunan yang memikat hati, yakni Simaan dan Sidang Munaqosyah. Acara yang diadakan di Gedung Serba Guna Al-Khairiyah, Jl H. Enggus Arja Citangkil, Cilegon, Banten ini berhasil menyita perhatian ribuan penonton, Minggu, (03/03/2024).

Ketua Pelaksana Acara, M. Edi Kosim menjelaskan, dalam acara ini, para santri berlomba-lomba untuk menunjukkan kebolehan mereka dalam menghafal dan memahami literatur Islam.

“Peserta acara ini mencakup 80 santri untuk Simaan Aqidatul Awwam & Tuhfatul Athfal, 77 santri untuk Simaan Jurumiyah & Matan Bina, serta 28 santri untuk Simaan Kaidah Ushul Fikh. Selain itu, juga terdapat 25 santri yang mengikuti Munaqosyah I’irab Al-Qur’an,” jelasnya.

Selain itu, masih menurut Kosim, para penonton pun disuguhi pidato dalam tiga bahasa: Arab, Inggris, dan Indonesia, serta penampilan memukau dari tim hadroh dan marawis dari Kesatrian Santri Taruna Islam al-Khairiyah Citangkil.

Namun, acara ini juga memiliki misi yang lebih dalam, yaitu untuk menyebarkan agama dan mempertahankan budaya keilmuan ulama-ulama salaf. Hal ini disampaikan oleh Pengasuh Kesatrian Santri Taruna Islam Al-Khairiyah Citangkil, Alwiyan Q. Syam’un.

“Melalui acara ini diharapkan dapat menjadi salah satu upaya untuk menarik perhatian masyarakat akan pentingnya ilmu agama, sehingga mampu mendorong lebih banyak orang untuk memasukkan putra-putrinya ke pondok pesantren, serta memotivasi santri yang sudah berada di pesantren untuk semakin giat dalam menuntut ilmu agar dapat mengemban peran sebagai penerus dakwah dan menjalankan posisi warostatul Anbiya dengan layak,” jelas Kiai Alwiyan.

Acara ini dihadiri oleh berbagai kalangan, termasuk para kiyai, ustad, perwakilan PB Alkhairiyah, Rektor UNIVAL, Ketua STIT Al-Khairiyah, kepala sekolah se-Yayasan Alkhairiyah Citangkil, ketua DKM Annajah, wali santri, sebagian kepala sekolah SD Kota Cilegon, perwakilan PT Krakatau Group, santri, dan alumni, yang terkesima dengan keindahan dan kebermanfaatan acara tersebut.

Coba Komentar Nih

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© 2022 BANTENONLINENEWS.COM - All Rights Reserved. Developed and Designed by Nikikula.com