Dinas Pendidikan & Kebudayaan Kota Cilegon Gelar Beasiswa Full Sarjana Fair Periode 2021-2025 “Untuk Mencetak 5000 Generasi Mahasiswa Cerdas & Intelektual “

 

 

CILEGON – BantenOnlineNews .Com

Dinas Pendidikan & Kebudayaan Kota Cilegon Gelar  kegiatan “Beasiswa Full Sarjana Fair” (BFS) Kota Cilegon tahun 2023, bertempat di Halaman Rumah Dinas Walikota Cilegon, Kamis (21/12/23).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Walikota Cilegon H. Helldy Agustian, S.E., S.H., M.H., dan Kadindikbud Kota Cilegon Dra. Hj. Heni Anita Susila., M.Pd., beserta jajarannya.

Selain itu, turut pula dihadiri Wakil DPRD Kota Cilegon, Sekretaris Daerah, Stand perguruan tinggi negeri dan swasta, 21 stand dan mahasiswa serta pelajar,serta UMKM.

Saat dikonfirmasi terkait kegiatan tersebut, ibu Kadis Pendidikan & kebudayaan HJ Heni  Anita Susila ,M,Pd, menyampaikan target yang menerima beasiswa per tahun sebanyak 1000 orang. “Alhamdulillah, mulai tahun 2021, 2022, sampai 2023 sudah mencapai 3000 orang penerima beasiswa. Target yang harus dicapai sebanyak 5000 orang sampai tahun 2025,” ujarnya.

Lanjut ibu kadis Heni  untuk tahun ini ada 5 orang mahasiswa yang belajar di Al-Azhar Qairo, Yaman, dan bagian Timur Tengah, dengan jumlah beasiswa Rp3 juta rupiah per semester. ” Kita membantu mahasiswa Rp3 juta rupiah per semester. Alhamdulillah kalo di Mesir dan Timur Tengah biayanya tidak terlalu besar, mereka sangat terbantu dengan beasiswa tersebut,” ungkapnya.

Perlu digaris bawahi, penerima beasiswa ini khusus untuk masyarakat Cilegon atau yang berdomisili minimal 5 tahun di Cilegon. “Beasiswa diberikan untuk warga Cilegon saja yang KTP-nya Cilegon atau minimal sudah berdomisili selam 5 tahun di wilayah Cilegon,” ucapnya.

Ia menambahkan, untuk Perguruan Tinggi (PT) yang sudah bergabung menandatangani MoU melalui jalur prestasi dan jalur tidak mampu ada 24 PTN dan PTS di wilayah Cilegon dan sekitarnya. “Ada 3 PTN yaitu UIN, Untirta, UT dan 21 PTS yang ada di wilayah Cilegon dan DKI Jakarta. Sedangkan untuk jalur mandiri diperbolehkan semua PT di seluruh Indonesia dan jalur mandiri ke luar negeri juga diperbolehkan untuk semua PT di manca negara,” jelasnya.

Lanjutnya, kehadiran stan perguruan tinggi dalam acara ini bertujuan untuk memberikan informasi akurat kepada anak-anak sekolah yang akan lulus tahun ini. “Dengan adanya stan perguruan tinggi memberikan informasi lengkap, maka anak-anak kelas XII akan mampu memilih perguruan tinggi untuk melanjutkan pendidikannya,” tambahnya.

Anggaran yang sudah dikeluarkan untuk tahun ini sebesar Rp14 M. Untuk semuanya sampai lulus semua selama 5 tahun, maka Pemkot akan mengeluarkan dana totalnya sebesar Rp120 M.

“Dana ini sudah tercantum dalam RPJMD periode tahun 2021-2026. Jadi, ini merupakan tanggung jawab kita semua untuk mensukseskan program tersebut,” tegasnya.

Menurutnya, program ini sangat membantu masyarakat Cilegon dan manfaatnya sudah dirasakan oleh masyarakat. “Terbukti melalui testimoni dan masyarakat Cilegon sangat berterima kasih atas program ini,” paparnya.

Dan yang sangat istimewa, ada salah satu wartawan Fakta Banten yang bernama Heri berhasil mendapatkan bantuan Beasiswa Full Sarjana ke Taiwan. “Kang Heri mendaftar melalui aplikasi, dan Alhamdulillah memenuhi syarat,” tutupnya.

Dalam kesempatan yang sama, Walikota Cilegon menyampaikan bagi mahasiswa yang sudah lulus bisa mengikuti program magang kerja di perusahaan, salah satunya PT. Krakatau Steel. “Bagi perguruan tinggi yang dibutuhkan oleh PT. Krakatau Steel bisa merekrut mahasiswa yang sudah lulus,” katanya.

Kemudian ia berharap Dindikbud dapat memonitor angkatan I, II, III dan seterusnya agar lulusan Beasiswa Full Sarjana mendapatkan pekerjaan yang layak. Dan semua program yang sudah direncanakan dapat direalisasikan dengan baik.

“Dinas Pendidikan & Kebudayaan akan terus memonitor alumni Beasiswa sarjana full  jangan hanya mencetak tapi juga memantau untuk masa depan mereka yang lebih baik.

( RED/Bay)

 

Coba Komentar Nih

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© 2022 BANTENONLINENEWS.COM - All Rights Reserved. Developed and Designed by Nikikula.com