SMP Al khairiyah Cilegon Ikut Serta LDKS & Diklat Jurnalistik Dengan Sistem Digital

 

CILEGON -BantenOnlineNews.Com

Sebangak 42 siswa SMP Al-Khairiyah Jombang, Kota Cilegon, Banten, mengikuti Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Dasar Jurnalistik. Kegiatan itu dalam rangka Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) bertempat di SMP Al-Khairiyah Jombang, Cilegon, pada Sabtu (13/1/2024).

Diklat Dasar Jurnalistik itu menghadirkan narasumber seorang Penulis Buku dan Praktisi Pers yang berpengalaman di bidangnya, Hairuzaman, dan ketua Kwri cilegon Rahmatullah,Drs H.Safrudin SAg selaku kepala sekolah SMP Alkeriyah,dengan membahas topik tentang Sejarah, Pengertian, Jenis-Jenis Jurnalistik dan Teknik Menulis Berita. Diklat Dasar Jurnalistik juga bukan hanya membedah teori saja, namun para siswa juga langsung melakukan praktik menulis berita yang sesuai dengan standar dan kaidah jurnalisme.

Menurut Hairuzaman, berkembangnya teknologi digital sekarang ini, memudahkan masyaralat pembaca begitu cepat dalam mengakses berita. Misalnya aaja berita melalui media online atau media siber maupun media broadcast seperti radio dan televisi.

“Saat ini jumlah wartawan semakin tumbuh subur. Namun, belum tentu semuanya bisa menguasai ilmu jurnalistik dan mahir dalam menulis berita yang sesuai dengan standar ilmu jurnalistik,” terangnya.

Menurut ia, untuk mengetahui kedalaman ilmu jurnalistik seorang wartawan dalam menulis berita sebenarnya cukup mudah. Misalnya, menulis judul berita yang melanggar kaidah jurnalistik. Hal ini seperti, jumlah suku kata maksimal antara 3 sampai 11 suku kata dan harus lugas, padat, tidak bertele-tele dan menarik untuk disimak oleh publik pembaca.

“Jika seorang wartawan menulis judul berita saja tidak sesuai dengan kriteria ilmu jurnalistik di atas, maka berpotensi penulisan isi beritanya pun akan ngawur dan tidak menggunakan standar rumus berita 5W + 1H. Bahkan, boleh jadi melanggar Kode Etik Jurnalistik,” tandasnya.

Karena itu, imbuh dia lagi, kita perlu mempelajari ilmu jurnalistik agar bisa membedakan mana berita yang sesuai dengan kaidah jurnalistik dan mana pula yang termasuk dalam kategori berita sampah (Hoax).

Dalam kesempatan itu, Pemimpin Redaksi Bantenonline.com, Rahmatullah, juga didaulat sebagai narasumber dengan materi tentang Undang-undang ITE ( Informasi  Teransaksi Elektronik) no 11 tahun 2008  pasal 2 ayat 3 tentang ITE  . Beliau mengatakan bahwa UU ITE ini patut diketahui oleh kalangan wartawan,dan pengguna alat digital,hp dan bagi siswa siswi yang mengunakan alat komunikasih hp ata medsos ,dan bagi yang melanggar UU ITE akan dipidana 12 tahun dan didenda 12 Milyar ujar Rahmatullah .

Diklat Jurnalistik diakhiri dengan penyerahan piagam penghargaan oleh Kepala SMP Al-Khairiyah Jombang, Cilegon, Drs. H. Saprudin.

Angkat bicara juga kepsek SMP Alkeriyah Cilegon Safrudin berharap siswa dan siswi yang ikut pelatihan jurnalistik dan LDKS , mudah mudahan siswa kami dapat menjadi siswa yang berguna dimasyarakat dan dapat membentuk karakter pemimpin yang yang bertanggung jawab,cerdas, amanah ungkap kepala sekolah Safrudin.

( Red/Bay)

Coba Komentar Nih

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© 2022 BANTENONLINENEWS.COM - All Rights Reserved. Developed and Designed by Nikikula.com