CILEGON, BantenOnlineNews.Com
Walikota Cilegon, Helldy Agustian dan Kepala Dinas BKPSDM  kota Cilegon Ahmad Junaidi kembali melakukan rotasi mutasi besar-besaran untuk jabatan lurah, sekretaris camat (sekmat) dan pejabat eselon III.

Pada  bulan puasa ramadhan 1443 Hijriyah Jumat (8/4/2020), pelantikan puluhan pejabat yang dirotasi mutasi digelar Aula Diskominfo, Kota Cilegon. Prosesi pelantikan dipimpin langsung oleh Walikota, Helldy Agustian.

Kepala BKPSDM Ahmad Jubaedi mengatakan ada sebanyak 78 pejabat dari lurah, sekmat dan beberapa pejabat eselon III dirotasi mutasi. Dari jumlah tersebut, 34 jabatan lurah diisi wajah baru dan 6 jabatan lurah lainnya bergeser posisi. Kemudian ada juga 3 jabatan lurah yang tidak diganti yakni jabatan Kepala Kelurahan Suralaya, Kelurahan Gerem dan Kelurahan Ciwedus.

“Sedangkan untuk jabatan sekretaris camat (sekcam) berganti semua. Contoh, Sekmat Kecamatan Grogol bergeser, Sekretaris Kecamatan Cilegon bergeser, Sekretaris Kecamatan Purwakarta juga bergeser dan Sekmat Jombang juga bergeser,” kata Ahmad Jubaedi  ungkap Jubaedi .

Usai pelantikan, kata Jubaedi, Pemkot Cilegon berencana akan melakukan rotasi mutase kembali untuk 40-50 pejabat.

“Untuk kekosongan jabatan lurah dan sekcam kemungkinan akan diisi oleh beberapa pejabat eselon III dan IV yang ada di dinas-dinas. Ini dilakukan agar pemerintahan di kelurahan tidak terhenti,” tambahnya.

Mantan Kepala Dinas Sosial ini pun menjelaskan, seiring dengan perubahan nomenklatur dengan tujuan penyederhanaan birokrasi, Pemkot dalam waktu dekat akan melakukan penyetaraan jabatan adminstrasi dan fungsional. Jabatan akan disetarakan salah satunya OPD pada Disparbud yang akan dilebur ke Dispora dan Bidang pada Dindik Cilegon.

“Otomatis dengan nomenklatur OTK baru ini akan lebih banyak lagi membutuhkan pejabat. Tapi nanti kita singkronkan dulu lah dengan pejabat fungsional tersebut tegas Jubaedi.

Helldy Agustian walikota Cilegon mengingatkan bagi pejabat yang baru dilantik  harus melayani masyarakat dengan baik, dan khusus nya kepada pejabat kepala kelurahan sebagai contoh garda depan atau ujung tombak masyarakat dan ujung tombak  pemerintah kota Cilegon.

Lanjut Heldy jabatan  merupakan amanat dari  pemerintah  yang harus dipertanggung jawabkan” jabatan juga akan mengantarkan kita kebaikan jika kita melakukan nya dengan baik ungkap Heldy.
(Red/Bay)