SERANG, BON – Para Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) di Kabupaten Serang, Banten, menggelar deklarasi bertemakan “Memperkokoh Generasi Beragama dan NKRI dalam Menangkal Paham Radikalisme dan Khilafah”.

Acara tersebut digelar di Aula Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Serang, Jl. Kagungan No.1c, Lontarbaru, Kec. Serang, Kota Serang, Banten, Kamis, 10 Maret 2022.

Ketua PC NU, KH Hudori Yusuf mengatakan, kegiatan ini dalam rangka pencegahan terhadap paham radikalisme, intoleransi dan khilafah.

“Kita hidup di Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), moderasi Agama ini sangat penting membangun kewujudan kapada masyarakat yang sejahtera. Tanpa itu maka masyarakat akan kesulitan tanpa deklarasi pernyataan bersama,” katanya.

Ia juga mengatakan, kegiatan ini juga dalam rangka pemberian pembekalan kepada para penyuluh di Kemenag dan para penyuluh di Ponpes.

“Kegiatan ini juga dalam rangka pemberian pembekalan terhadap penyuluh dalam rangka pencegahan terhadap radikalisme, intoleransi dan khilafah,” pungkasnya.

Hal senada dikatakan Ketua Forum Silaturahmi Pondok Pesantren (FSPP) Kabupaten Serang, Faturohman.

Menurutnya, keragaman bangsa Indonesia sangat indah dan menjadi kekayaan yang harus dijaga dan dilestarikan.

“Menjaga kedamaian tanah air dengan mengembangkan sikap toleransi adalah pengamalan nilai agama yang Rahmatan Lil Alamin,” pungkasnya.

Ia menegaskan, mencintai dan membela Tanah Air adalah bagian dari fitrah manusia, sama halnya dengan mencintai diri sendiri.

“Sehingga sewajarnya dan seharusnya umat Islam di Indonesia mencintai Tanah Air Indonesia dengan sepenuh hati,” ujar Faturohman.

Ia juga berharap, untuk di Kabupaten Serang tetap harus ada strategi pencegahan, dan bagaimana melakukan pencegahan.

“Bagaimana kita melakukan pencegahan supaya jangan pernah terjadi di Kabupaten Serang yang mengarah ke tindakan radikalisme, intoleran, dan khilafah,” tegasnya.

Selain Ketua PC NU, KH Hudori Yusuf dan Ketua FSPP Kabupaten Serang, Faturohman, kegiatan deklarasi tersebut juga dihadiri sejumlah pimpinan Ponpes se-Kabupaten Serang, Organisasi Kemasyarakatan, Keagamaan dan Keluarga Besar Kemenag Kabupaten Serang. (*/red)