Cilegon, BantenOnlineNews.Com

Peresmian Rumah Restorativ Justice Kejaksaan Negeri Cilegon di Kelurahan Grogol Kecamatan Grogol Kota Cilegon Oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Banten Leonard Eben Ezer Simanjuntak pada Kamis ( 23/06/2022). Yang di Hadiri Walikota Cilegon Helldy Agustian, Kapolres Cilegon AKBP Sigit Haryono, Perwakilan Dandim Cilegon, Pengadilan Negeri Serang, Lapas Cilegon, Camat dan Lurah dan Tokoh Masyarakat setempat.

Keadilan restoratif adalah sebuah pendekatan yang ingin mengurangi kejahatan dengan menggelar pertemuan antara korban dan terdakwa, dan melibatkan para perwakilan masyarakat secara umum. Bertujuan untuk saling bercerita mengenai apa yang telah terjadi, membahas siapa yang dirugikan oleh kejahatan, dan bagaimana mereka bisa bermusyawarah mengenai hal yang harus dilakukan oleh pelaku untuk menebus kejahatannya.

Kepala Kejaksaan Tinggi Banten Leonard Eben Ezer Simanjuntak mengatakan ada beberapa hal yang dapat di selesaikan di rumah restorativ justice. ” Ancaman pidana tidak lebih dari lima tahun dan kerugian tidak lebih dari Rp 2,5 juta. Kemudian pelakunya merupakan pelaku yang tidak pernah melakukan tindak pidana, ” ucap Leonard.

Alhamdulillah dengan adanya rumah restorative justice di kelurahan grogol. ” Semoga bermanfaat untuk kepentingan masyarakat terkait dengan masalah hukum perdata dan hukum Pidana yang ada supaya hukum-hukum yang ada di kota cilegon ini khususnya di kelurahan grogol dapat dijalankan dengan musyawarah, ” ucap Lurah

(Red/Bay/Aki)