Serang, Bantenonlinenews.Com

PT. Indah Kiat Kragilan, Kabupaten Serang, melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) turut memberikan kontribusi pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat berupa pendidikan, kesehatan, sosial kemasyarakatan, pemberdayaan dan kemitraan. Salah satu bukti nyata adalah pembangunan bedah rumah Rutilahu yang diberikan untuk masyarakat di Kabupaten Serang.

Rutilahu merupakan salah satu program Pemerintah Kabupaten Serang, berupa pembangunan bedah rumah tidak layak huni.

Menurut data Dinas Sosial Kabupaten Serang, ada ratusan rumah yang tidak layak. Permasalahan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) yang begitu besar dirasa tidaklah cukup bagi pemerintah untuk menyelesaikan pembangunan, Pasalnya, anggaran pemerintah yang terbatas untuk pembangunan infrastruktur lainnya. Tentunya ini bukan hanya menjadi beban pemerintah saja, melainkan juga masyarakat dan perusahaan yang ada di wilayah Kabupaten Serang. Perlu adanya kepedulian bersama, agar masalah Rutilahu dapat di atasi dengan baik.

Seperti halnya yang dilakukan oleh PT. Indah Kiat Kragilan, Kabupaten Serang, Program pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) oleh PT. Indah Kiat Serang ini telah berjalan sejak tahun 2017 silam. Kendati saat ini perusahaan mengalami dampak akibat pandemi Covid-19. Akan tetapi, tidak menghalangi PT. Indah Kiat Serang untuk berbagi terhadap masyarakat sekitar perusahaan.

Pada tahun ini, PT. Indah Kiat Serang, tercatat telah membangun sebanyak 2 unit rumah warga yang tak layak huni di sekitar Kecamatan Kragilan. Dari rencana membangun Rutilahu sebanyak 5 unit selama tahun 2021. PT. Indah Kiat Serang juga telah membangun 30 unit rumah di sekitar wilayah Kabupaten Serang.
Bantuan Rutilahu telah melalui tahapan survei lapangan dan pengecekan data masyarakat tidak mampu. Sampai pada akhirnya, bantuan kali ini diberikan kepada Suwandi di Kampung Tegal Maja, Desa Tegal Maja dan untuk Ny. Kasmini di Kampung Badak Jaya, Desa Kragilan.

Pada kesempatan itu, peresmian pemberian rumah program Rutilahu dilakukan oleh Dani Kusumah selaku perwakilan dari manajemen PT. Indah Kiat Serang, Yaya selaku Kepala Desa Kragilan, Perwakilan Koramil, Babinsa Kragilan, Syamsul selaku pelaksana, serta turut hadir Epon selaku Camat Kragilan.

Diharapkan bantuan ini dapat diikuti oleh kelompok masyarakat dan para perusahaan lainnya. Sehingga permasalahan kemiskinan di wilayah Kabupaten Serang dapat di atasi bersama. (Red/HRZ)