Serang, BantenOnlineNews.Com

Poltekpe l Banten KSOP Kelas 1 Banten Dan Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Cilegon mengadakan Kerjasama Diklat Pemberdayaan Masyarakat BST KLM Bagi Masyarakat Nelayan dan Operator Kapal Tradisional di Wilayah Anyer dan Sekitarnya Bertempat di Hotel NuansaBali Anyer Pada Kamis (14/06/2022).

Aktifitas menangkap ikan terutama di laut adalah kegiatan yang berbahaya. Oleh karena itu, faktor keselamatan kapal maupun nelayan harus diperhatikan karena merupakan hal utama untuk mendukung kesuksesan suatu operasi penangkapan ikan.

Andry Yulianto sebagai Kasubag Politeknik Pelabuhan Banten Poltekpel Banten menjelaskan Kegiatan ini adalah kegiatan Dinas Pemberdayaan Masyarakat BST KLM yang diperuntukkan untuk masyarakat nelayan. ” kegiatan ini adalah kerjasama antara Poltekpel Banten dengan KSOP kelas 1 Banten dan juga dari  perikanan Karangantu dan dari Asosiasi Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia ini sudah berjalan 3 dan kamis ini penutupan, ” tuturnya

Lanjut Andry mengatakan Kegiatan ini di peruntukkan untuk masyarakat nelayan untuk sertifikasi dari BST KLM dimana suatu persyaratan sebelum menjadi awak kapal dimana mereka bertugas. ” Hal ini sesuai dengan regulasi yang berlaku  sehinga ketika berlayar sertifikasinya sudah terpenuhi dan memenuhi syarat, ” jelasnya.

Kegiatan ini diikuti 144 orang yang terdiri dari nelayan Cilegon, Anyer dan sekitarnya umumnya se provinsi banten . ” Kita kumpulkan di sini untuk menginap dan belajar selama tiga hari dan diharapkan meningkat skill nya, kemudiaan bersertifikasi, ” tutup Andry.

” Setelah para nelayan ini dilatih selama tiga hari disini kami berharap bisa mengimplementasikan ilmu yang di dapat dimana mereka bekerja, ketika berlaut harus mempersiapkan dulu keselamatannya minimal harus ada jaket pelampung , ring boy Apar dan kotak P3K untuk berjaga jaga keselamatan pelayaran mereka, ” harap Ari selaku sabandar Pelabuhan Perikanan Banten.

Ari Ambalan juga angkat bicara selaku kementerian kelautan nelayan diwajibkan harus bersikap tujuannya untuk keselamatan para nelayan ,baik nelayan motor teradisional seperti kapal jukung.

Lanjut Ari Nanti para nelayan kita bantu untuk alat jaring ikan ,mesin motor , tetapi harus pengajuan atau buat perovosal yang dibutuhkan ungkap Ari.

(Red/Bay/Aki)