Serang,BantenOnlineNews.Com
Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar mengungkapkan nilai-nilai Pancasila sebagai hal mendasar dalam tata kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara Indonesia.

“Nilai-nilai Pancasila menjadi pedoman kita untuk membangun Banten menjadi masyarakat yang semakin maju dan baik,” ungkap Al Muktabar usai mengikuti Upacara Hari Lahir Pancasila Tahun 2022 secara virtual dari Rumah Dinas Gubernur Banten di Gedung Negara Provinsi Banten Jl. Brigjen KH Syam’un No. 5 Kota Serang, Rabu (1/6/2022).

“Saya mengikuti upacara yang dipimpin Bapak Presiden secara virtual. Makna yang harus kita pahami bahwa nilai-nilai Pancasila satu hal mendasaar bagi tata kehidupan dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” ungkapnya.

Dikatakan, hal itu diamanatkan juga oleh Presiden Joko Widodo dalam sambutannya saat memimpin upacara.

Masih menurut Al Muktabar, Peringatan Hari Lahir Pancasila hari ini diperingati di tempat Presiden Sukarno merenungkan nilai-nilai Pancasila.

“Saat ini kita saksikan nilai-nilai Pancasila itu abadi dan tetap jaya. Semoga ke depan Indonesia semakin maju dan makin baik, khususnya masyarakat Banten,” pungkasnya.

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila secara Nasional dipimpin oleh Presiden Joko Widodo dilaksanakan di Lapangan Pancasila Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Bertindak sebagai Komandan Upacara Kolonel Inf. Tunjung Setiyabudi.

Pembacaan teks Pancasila oleh Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, pembacaan teks Pembukaan UUD 1945 oleh Wakil Ketua DPR RI Lodewijk Paulus, pembacaan doa oleh Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy.

Dalam amanatnya, Inspektur Upacara Presiden Joko Widodo mengungkapkan, Peringatan Hari Kelahiran Pancasila di Kabupaten Ende sebagai tempat bersejarah Presiden Sukarno merenungkan dan merumuskan Pancasila.

Presiden Joko Widodo mengajak seluruh anak bangsa untuk bersama-sama membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa san bernegara.

“Pancasila telah mempersatukan kita dan bintang penuntun kita. Bangsa kita kuat dan kokoh karena kita bersepakat untuk berlandaskan Pancasila,” ungkapnya.

Dikatakan, menjadi tugas seluruh komponen bangsa untuk menjadikan Pancasila sebagai ideologi yang bekerja dirasakan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah indoneaia.

Presiden Joko Widodo juga mengajak seluruh pemimpin bangsa, pejabat, tokoh agama, tokoh masyarakat, serta para pendidik untuk menjadi teladan aktualisasi nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan cita-cita proklamasi kemerdekaan.

(RED)