Cilegon, BantenOnlineNews.Com

Dinas Kesehatan Kota Cilegon melalui UPTD Puskesmas Citangkil menggelar Gebyar IVA Test sebagai salah satu upaya pencegahan dan deteksi dini penyakit kanker servic bekerjasama dengan Kimia Farma untuk pemeriksaan Pap Smear di Aula Kecamatan acara dibuka oleh Sekmat Kecamatan Citangkil, Selasa (24/05/2022).

IVA test dan pap smear adalah pemeriksaan untuk melihat kondisi vagina dan mendeteksi keberadaan sel kanker pada leher rahim (serviks). Pemeriksaan (skrining) ini penting bagi setiap perempuan. Sebab, data dari KPKN Kemenkes melaporkan kanker serviks adalah jenis kanker kedua terbanyak yang diidap penduduk Indonesia.

Plt Kasi PTM Dinkes Kota Cilegon Ibu Sumirah, SKM,.MM mengatakan ” Kegiatan kita pada hari ini melaksanakan gebyar IVA yaitu untuk melakukan deteksi dini adanya kanker serviks atau kanker leher rahim dimana IVA ini secara sederhana untuk mendeteksi adanya Lesi prakanker pada wanita usia subur, yang sudah menikah yang sudah melakukan hubungan seksual wajib melaksanakan deteksi ini untuk diketahui lebih awal jika ada atau terjadinya kanker serviks atau kanker leher rahim. Deteksi dini ini baik dilakukan karena untuk mengetahui lebih awal adanya kanker serviks karena jika diketahui lebih awal maka proses pengobatan akan lebih efektif tetapi jika terlambat tidak dilakukan deteksi dini tiba-tiba diketahui adanya kanker serviks sudah Stadium akhir Itu sangat sulit untuk kita lakukan pengobatan karena itu dengan adanya Gebyar IVA ini kami mengajak ibu-ibu wanita usia subur yang ada di wilayah kecamatan citangkil agar mengikuti kegiatan Gebyar IVA ini di mana kita melakukan IVA TEST dan ada juga melakukan pap smear yang bekerjasama dengan Kimia Farma, ” jelasnya.

” Kegiatan ini untuk umur wanita usia subur yaitu 30 – 50 tahun atau sudah menikah yang sudah melakukan hubungan seksual wajib diperiksa, kebetulan pada hari ini Puskesmas citangkil bekerjasama dengan Kimia Farma untuk melakukan pemeriksaan IVA dan pap smear. Saya berharap untuk kecamatan-kecamatan lain yang di kota Cilegon mengikuti atau melaksanakan Gebyar Iva di wilayah kecamatan nya masing-masing seperti yang sudah dilakukan oleh kecamatan ciwandan dan citangkil, ” harapnya.

Kepala UPTD Puskesmas Citangkil drg. Novita Ambar Uma ” Masyarakat khususnya wanita subur sadar akan pemeriksaan deteksi dini dan juga bagi kaum bapaknya memberikan izin, karena itu untuk kepentingan juga bagi ibunya, ” tambahnya.

Sekmat Kecamatan Citangkil Nanang ” Kesehatan masyarakat kota Cilegon kaitan dengan IVA ibu-ibu usia subur terjamin kesehatannya dan terhindar dari penyakit kanker serviks kanker payudara dan kanker yang lainnya yang itu memang sangat membahayakan kesehatan ibu ibu. Kita memfasilitasi tempat dan mendukung program dan mengajak kebersamaan masyarakat untuk tetap semangat menjaga kesehatan, ” harapnya.

(Red/Bay/Eki)