Serang,BantenOnlineNews.Com

Pada hari Rabu 6/7/2022 Camat mancak mengadakan pembinaan pengusaha tambang pasir yang ada dilingkungan kecamatan Mancak , yang dihadiri dari muspika ,POl PP kabupaten serang, Dinas LH,Dinas perijinan kabupaten serang dan Kades Sigedong dilaksanakan di aula kecamatan Mancak kabupaten serang.

Menurut camat mancak Erwin mengatakan dengan diadakannya pembinaan pengusaha penambangan pasir ini tujuannya supaya Pengusaha Tambang Pasir ini supaya tahu aturan perizinan penambangan pasir atau galian supaya legal dan dilindungi oleh pemerintah kabupaten serang , Perovinsi dan pusat.

Lanjut Erwin jumlah Pengusaha Tambang atau pengalian pasir yang ada di kecamatan mancak berjumlah 20 perusahaan , namun yang berizin 16 perusahaan tambang pasir dan 4 perusahaan lagi belum ada izin ini hasil data dari Bappeda kabupaten serang ,dari hasil pantauan masyarakat jumlah pengusaha Tambang Pasir lebih dari 20 perusahaan tegas Erwin.

Menurut dinas lingkungan LH kabupaten serang Dadang mengatakan kepada awak media bahwa kewenangan perizinan penambangan pasir atau galian pasir adalah kewenangan pihak Perovinsi dan pusat bukan kewenangan kabupaten serang .

Pada bulan Mei 2022 terkait perizinan pertambangan pasir dilimpahkan kepergok inside Banten jadi kabupaten tidak berwenang untuk membuat izin pertambangan pasir dan galian,pada Mei 2022 ini masih bebas pengusaha tambang pasir mengalih karena dengan alasan undang undang perizinan nya masih di bahas oleh DPRD pusat ungkap Dadang.

Dan angkat bicara juga kepala desa Sigedong Bayu bahwa untuk Pengusaha pertambangan pasir di lingkungan desa Sigedong tertib dan berizin sekitar 7 pengusaha Tambang Pasir , terutama izin lingkungan dari masyarakat,izin dari distamben Perovinsi Banten dan adapun untuk penutupan pengusaha Tambang Pasir kewenangan dari pusat ungkap Bayu.

( Red/Fahmi)