Cilegon, BantenOnlineNews.Com

Kelurahan Warnasari Kecamatan Citangkil Kota Cilegon Menggelar Kegiatan Sosialisasi Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat Yang Dilaksanakan di Aula Kelurahan, Jumat (27/5/2022).

Perlindungan anak adalah segala kegiatan untuk menjamin dan melindungi anak dan hak-haknya agar dapat hidup, tumbuh, berkembang, dan berpartisipasi, secara optimal sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan, serta mendapat perlindungan dari kekerasan dan diskriminasi.

Hj Asmawati sebagai Kasi Pemberdayaan Masyarakat (PM) dan Kesejahteraan Sosial (Kessos) Kelurahan Warnasari Asmawati mengatakan ” Kegiatan hari ini kita laksanakan agar ibu-ibu ini tahu karena anak titipan dari Allah SWT dan juga amanah jadi harus dijaga. Sekarang banyak kejahatan anak-anak kecil yang masih dibawah umur makanya ini disosialisasikan agar bisa menjaga anak-anaknya ataupun kalau main handphone apalagi keluar harus didampingi agar tidak terjadi kekerasan, “tuturnya.

Analis Muda Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak Ibu Nunung Doifah ” PATBM itu kan sebenernya gerakan yang ada di masyarakat yang terkoordinir untuk tujuan perlindungan anak, jadi kegiatan PATBM ini ada di masing-masing Kelurahan sebagai koordinator nya adalah DP3AKB tentang peran serta masyarakat dalam rangka untuk melindungi anak. Mereka yang disebut aktivis PATBM melakukan penyuluhan terhadap masyarakat, ada yang ke Paud dan ada yang langsung terjun ke warga, ” ungkapnya.

” Kita melakukan peran serta tugasnya masyarakat terhadap perlindungan anak untuk itu mencegah supaya tidak terjadi kekerasan pada anak dan juga merespon cepat apabila terjadi kekerasan terhadap anak intinya untuk perlindungan anak, ” tutupnya.

(Red/Baihaki/Bay)