.
Cilegon ,BantenonlineNews.Com Perekonomian Indonesia harus bangkit, berbagai daya upaya dilakukan pemerintah untuk meningkatkan perekonomian, mensejahterakan kehidupan rakyat diantaranya dengan kegiatan Reforma Agraria melalui _Akses Reform_ atau Penataan Aksesnya.
.
Dalam rangka mempromosikan hasil kerajinan dan produk olahan masyarakat Kampung Reforma Agraria Pasir Angin yang berlokasi di Kelurahan Cikerai, Kecamatan Cibeber, Kota Cilegon. Kantor Pertanahan Kota Cilegon menyelenggarakan kegiatan Pameran yang dibuka pada Rabu (17/11/2021) oleh Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Banten, Rudi Rubijaya.
.
“Reforma Agraria terbagi dalam dua kegiatan besar _Asset Reform_ bagaimana kita menata aset untuk masyarakat, baik yang sudah dikuasai masyarakat maupun yang belum punya tanah yang memenuhi syarat dialokasikan dari sumber-sumber tanah berdasarkan Perpres 86 Tahun 2018,” ujar Rudi Rubijaya dalam sambutannya.
.
“Setelah asetnya ditata, masyarakat diberikan akses untuk kegiatan-kegiatan yang memungkinkan menggunakan dengan baik yang disebut _acces reform_ atau penanganan akses Reforma Agrarianya,” jelasnya
.
Dalam pameran ini, Rudi Rubijaya dan para undangan dibuat kagum dengan Pengrajin Batu yang telah menembus pasar ekspor, “Saya sangat terkesan dengan pengrajin batu Pak Cakyon, luar biasa dengan keahliannya harus dilestarikan mudah mudahan dapat ditularkan kepada generasi dibawahnya,” kata Rudi.
.
Selain Pengerajin Batu, banyak hasil olahan yang dipamerkan diantaranya Bonsai Kelapa, aneka keripik yang berbahan dasar singkong, intip nasi, hingga kulit melinjo. Ada juga kerajinan tangan seperti kain rajut untuk hiasan dinding hingga tas/dompet.
.
“Kami berharap melalui kegiatan ini meningkatkan nilai tambah. Pengrajin makanan misalnya dibantu oleh mendapatkan sertipikasi halal, pemasarannya melalui _online_ dan super market, kemasan lebih menarik sehingga usaha mereka bisa lebih berkembang, kita dorong tentunya bersinergis dengan semua pihak,” ujarnya.
.
Dalam rangkaian kegiatan ini diresmikan juga Koperasi KCM (Karya Cikerai Mandiri), yang merupakan koperasi binaan Kantor Pertanahan Kota Cilegon. (Red/Rh)