Serang ,BantenOnlineNews.Com

Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-114 tahun 2022 yang bertemakan “Ayo Bangkit Bersama”, Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Banten menyelenggarakan Upacara Peringatan secara hybrid, pada Jumat (20/5/2022) bertempat di Halaman Kantor Wilayah BPN Provinsi Banten.

Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Banten diwakili oleh Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Wilayah BPN Provinsi Banten, Osman Affan hadir sebagai Pembina Upacara. Upacara dimulai pada pukul 08.00 WIB, diikuti secara tatap muka oleh seluruh jajaran Kantor Wilayah BPN Provinsi Banten serta perwakilan pegawai dari kantor pertanahan se-Provinsi Banten dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Dalam sambutannya, Osman Affan, membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo). Menteri Kominfo menghimbau untuk menjadikan Harkitnas momentum bagi kita sebagai bangsa yang besar untuk bersama-sama mengobarkan semangat bangkit dari pandemi Covid-19 yang telah lebih dari 2 tahun menyerang dan turut berdampak di segala sendi kehidupan.

Dengan semangat kebangkitan nasional, Menteri Kominfo mengatakan semangat dan tujuan didirikannya Boedi Oetomo yang menjadikan hari lahirnya yaitu 20 Mei 1948 menjadi Hari Kebangkitan Nasional yang masih relevan untuk kita kontekstualisasikan pada kehidupan berbangsa saat ini, karena Boedi Oetomo telah meletakkan tiga cita-cita bagi kebangkitan nasional yakni memerdekakan cita-cita kemanusiaan, memajukan nusa dan bangsa, serta mewujudkan kehidupan bangsa yang terhormat dan bermartabat di mata dunia.

Selain itu, Menteri Kominfo mengingatkan kita bahwa momentum Harkitnas diperkuat dengan peran Indonesia sebagai Presidensi G20 tahun 2022. Pada Presidensi G20 tahun ini, Indonesia mengusung tema “Recover Together Recover Stronger”. Pertemuan G20 yang dipimpin oleh Indonesia tahun ini mengusung tiga isu prioritas, yaitu Arsitektur Kesehatan Global yang Inklusif, Transformasi berbasis Digital dan Transisi Energi Berkelanjutan. Tema dan isu prioritas G20 yang diangkat Indonesia merupakan cerminan dari semangat kebangkitan yang kita rayakan pada hari ini, yakni di tengah keterpurukan akibat pandemi Covid-19 tidak pernah meluruhkan cita kita untuk pulih bersama dan bangkit lebih kuat.

Pada penutupnya Menteri Kominfo mengutip ucapan dari dr. Soetomo “Berhasil dan tidaknya usaha ini hanya bergantung pada kesungguhan hati kita, bergantung pada kesanggupan kita bekerja. Saya yakin bahwa nasib tanah air di masa depan terletak di tangan kita.”. Ia menghimbau hendaknya kita dapat memaknai kesungguhan semangat dr. Soetomo untuk memperingati Hari Kebangkitan Nasional tahun ini sebagai tonggak kebangkitan dari pandemi Covid-19 juga krisis multi dimensi yang sedang melanda dunia.

(Red/HR)