Anyar, BantenOnlineNews.com

BMKG Kabupaten Serang Banten menggelar acara sosialisasi gempa bumi dan tsunami di Aula Kecamatan Anyar dan dihadiri Camat anyar, Camat Cinangka, kapolsek Anyar, kapolsek Cinangka, Danramil Anyar, Danramil Cinangka, Bpbd dan kepala desa. Jumat (18/3/2022)

Hasan Basri selaku BPBD Mengatakan “Kegiatan sosialisasi early warning System yang dipasang oleh BMKG rangkaiannya 2 hari, Kamis dengan hari ini. kemarin kita pasang instalasi tws early warning system di 8 Kecamatan. Anyar, Cinangka, Kramatwatu, Pulo Ampel, Bojonegara, Pontang, Tanara dan Tirtayasa itu sudah terpasang semua jadi hari ini sosialisasinya tentang mitigasi gempa bumi dan tsunami Kecamatan yang rawan gempa bumi dan tsunami di Kabupaten Serang,” jelasnya.

“Diharapkan masyarakat semua tahu tentang informasi bencana terutama gempa bumi dan tsunami karena early warning system ini sudah dipasang di semua Kecamatan kita sebar juga ke karang taruna Desa ke forum resiko bencana Desa tangguh bencana semua, semua kita sudah sampaikan dan sudah diinstal ada divisi ada juga di Android mereka,” tutupnya.

Ditempat yang sama Sutiyono dari BMKG mengatakan ” Mulai kemarin dari hari Kamis dan Jumat, kita ada 4 tim semua di kabupaten dan kota yang ada di Banten yaitu kabupaten Pandeglang Kota Cilegon Kabupaten Lebak dan Kabupaten Serang. Semua Kecamatan kami edukasi terkait dengan mitigasi gempa bumi dan tsunami jadi artinya target daripada kegiatan kami ini adalah supaya masyarakat itu paham terkait dengan edukasi. Bagaimana sih gempa bumi cara menyelamatkan diri Bagaimana tsunami menyelamatkan diri gitu jadi harapan Kami nanti tentunya ketika terjadi gempa bumi atau tsunami maka masyarakat tidak terlalu menunggu lagi informasi dari BMKG,” paparnya.

” Dan targetnya adalah edukasi masyarakat dan ini saya minta tadi ke teman-teman BPBD untuk mensosialisasikan dalam kegiatan yang tidak terlalu resmi contohnya dalam tahlil kemudian arisan ibu-ibu mungkin itu masukkan saja informasi itu, bagaimana sih cara menyelamatkan diri terjadi gempa bumi Misalkan seperti tadi pemateri sampaikan, yang sederhana aja cara menaruh lemari bagaimananya, menaruh tv bagaimana, kulkas bagaimana. Jadi sifat-sifat yang simpel itu yang perlu ditanamkan, percuma kami indonesia mempunyai sistem yang cukup andal cukup bagus tapi masyarakatnya tidak teredukasi gitu,” tutupnya.

(Red/Bay/Baihaki)