LEBAK – BantenOnlineNews.Com

  1. Tokoh masyarakat Provinsi Banten yang adalah Wakil Gubernur Banten 2017-2022, Andika Hazrumy, menerima penyematan penghormatan dari Kasepuhan Desa Adat Ciherang, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Selasa (19/7) lalu. Penyematan kehormatan itu berupa dipakaikannya ikat Sunda khas Banten Kidul oleh Kasepuhan Desa Adat Ciherang kepada Andika.

Hal tersebut diketahui dari postingan video berjudul “Andika Hazrumy Menerima Penyematan Kehormatan dari Kasepuhan Desa Adat Ciherang” di akun Instagram Kabar Andika Hazrumy pada Rabu (27/7). Dalam narasi videonya akun dengan tagline “Kabar Terbaru Andika Hazrumy” itu menyebutkan, penyematan dilakukan sebagai bentuk apresiasi Kasepuhan Desa Adat Ciherang kepada Andika yang dinilai telah banyak berjasa kepada masyarakat Provinsi Banten saat menjabat Wagub Banten.

Khususnya jasa Andika kepada komunitas desa adat di Banten Kidul, terkait dengan telah diterbitkannya Peraturan Daerah tentang Desa Adat oleh Pemprov Banten pada saat itu.

Lebih jauh, narasi video tersebut menyebutkan Kasepuhan Desa Adat Ciherang menilai Andika sebagai sosok pemimpin muda yang memiliki integritas dan kapasitas pengabdian kepada Banten yang tidak dapat diragukan lagi.

Tampak dalam video tersebut slide foto Andika yang berbaju koko hitam tengah dipakaikan ikat kepala Sunda khas Banten kidul oleh Tetua Kasepuhan Desa Adat Ciherang.

Dalam video tersebut juga tampak Andika yang didampingi sang istri, Adde Rosi Khoerunnisa, disambut meriah sejak kedatangannya ke desa adat tersebut. Andika dan istri tampak berbaur berfoto bersama ratusan warga Desa Adat Ciherang yang sebelumnya menyambut kedatangan keduanya bersama rombongan.

Andika sendiri yang dikonfirmasi melalui ponselnya tentang video tersebut, Kamis (28/7), membenarkan bahwa dirinya telah menerima penyematan penghormatan dari Kasepuhan Desa Adat Ciherang. Andika tidak membantah bahwa hal itu sebagai bentuk apresiasi Kasepuhan Desa Adat Ciherang kepada dirinya yang dinilai telah berkontribusi kepada daerah saat mendapat kesempatan memimpin sebagai Wagub Banten.

“Tentu saja saya mengucapkan terima kasih atas apresiasi saudara-saudara kita di Banten Kidul, khususnya di Kasepuhan Desa Adat Ciherang. Saya merasa bangga dan terhormat mendapat pengakuan dari saudara-saudara kita di sana itu,” paparnya.

Lebih jauh Andika mengungkapkan, prosesi penyematan tersebut diterima dirinya saat mendampingi sang istri yang tengah melakukan reses sebagai Anggota FPG DPR RI Dapil Banten 1 di wilayah Kabupaten Lebak pada pekan lalu.

Selain itu, kata Andika, kehadirannga pada kegiatan reses sang istri itu juga dalam kapasitasnya sebagai Wakil Sekretaris Jenderal Bidang Pemenangan Pemilu Wilayah Jawa I DPP Golkar. “Saya ditugasi partai untuk memastikan kinerja kader-kader Golkar di wilayah Jawa I yg meliputi Banten juga, apakah dapat dirasakan masyarakat,” imbuhnya.

Andika mengaku ,dari hasil kunjungannya di Banten Selatan itu diperoleh kesimpulan masyarakat di Banten Selatan mengapresiasi kinerja kader Golkar di Banten baik yang duduk di legislatif dari tingkat DPRD kabupaten, DPRD Provinsi hingga DPR RI. Begitu juga apresiasi masyarakat di Banten Selatan kata Andika dirasakannya terhadap kinerja kader Golkar ya g duduk di eksekutif seperti kepada dirinya dalam kapasitas sebagai Wagub Banten 2017-2022. “Salah satunya ya itu tadi kita mendapatkan apresiasi dari Kasepuhan Desa Adat Ciherang,” katanya.

( Red/Maman)