SERANG, BON | Melalui Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Serang mengadakan pelatihan kegiatan untuk peningkatan mutu pendidikan Sekolah Menengah Pertama (SMP) agar meningkatkan budaya baca bagi para siswa didiknya.

Acara yang dilaksanakan di salah satu hotel di wilayah Anyar, dan juga dihadiri dari Kepala Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan guru pengajar bahasa Indonesia SMP se-Kabupaten Serang, kamis (13/10/2016).

Menurut Kepala Seksi Kurikulum, Dindik Kabupaten Serang, Cahyono mengatakan, kegiatan yang dilakukan Dindik Kabupaten Serang bertujuan untuk meningkatkan budaya baca di kalangan pendidikan dan khususnya di kalangan siswa.

“Pertama mengadakan pelatihan bagi Kepala Sekolah dan Guru sehingga meningkatkan budaya baca di tingkat pendidikan, khususnya di para siswa, yang kita tangani siswa SMP,” ujarnya.

Cahyono juga menambahkan, bahwa minat baca di kalangan siswa sekarang budaya baca sudah mulai tergeser dan kurang diminati.

“Dengan adanya teknologi jaman sekarang, budaya baca menjadi tergeser. Buku-buku pun sudah mulai tersingkirkan. Kalau saya baca dari hasil penelitian di Indonesia, dan paling rendah minat membacanya, khususnya di Asia Timur,” terang Cahyo.

Dinas Pendidikan Kabupaten Serang berharap untuk bisa menggiring minat baca terutama dari Kepala Sekolah bisa menggiring gurunya dan guru menggiring muridnya, agar semangat minat membacanya tumbuh kembali. (Red/TIM)