SERANG, BON | Sekolah Menegah Pertama Negeri (SMPN) 1 Mancak gelar santri kilat (Sanlat) mulai Rabu 30 Mei 2018 sampai 2 Juni 2018, dilaksanakan di ruangan sekolah berjumlah 200 siswa lebih dari kelas 7 dan 8.

Kepala SMPN 1 Mancak, H.Julheni mengatakan, bahwa tujuan Sanlat di bulan Ramadhan adalah untuk meningkatkan bulan tarbiyah dengan ajaran agama Islam dan menciptakan siswa yang berakhlak mulia seperti sifat-sifat nabi yaitu Sidiq, Amanah, Fatonah, Tablik.

“Ini yang kita harapkan di bulan suci ramadhan ini yang penuh barokah, terutama siswa Sanlat kami ini kita beri pelajaran tentang keagamaan yaitu tentang Akidah Akhlak, Sejarah Agama Islam, tentang peraktik Sholat, baca Al-Qur’an dan terkait tentang ajaran syariat agama Islam,” ujarnya.

“Mudah-mudahan siswa yang mengikuti Sanlat agar dapat hijrah dan dapat ilmu yang bermanfaat, dan dapat diterapkan pada dirinya sendiri dan lingkungan masyarakat,” tambahnya.

Narasumber dari BAZNAS Kabupaten Serang H.A.Wardi Muklich sekaligus menerangkan pelajaran tetang cara barang-barang yang bergerak dan tidak bergerak, tumbuh-tumbuhan, hewan yang wajib dizakatkan.

“Menyingung pendapatan zakat Kabupaten Serang Tahun 2017 menyerap angka Rp.11,2 Milyar. Untuk tahun 2018, ditargetkan sebesar Rp.12,8 Milyar. Agaran tersebut diserap untuk 5 program diantaranya, untuk dunia pendidikan Ponpes, Kesehatan, Ekonomi, Bedah Rumah yang tak layak huni,” ungkap Ketua BAZNAS Kabupaten Serang, H. A. Watdi Muslich. (Rh/Red)