SERANG, BON | SMAN 1 Anyar gelar peraktek hewan kurban dengan 1 ekor sapi, dan satu ekor kambing, Senen, 4 September 2017.

Ketua OSIS SMAN 1 Anyar, Endi mengatakan, bahwa praktek hewan kurban ini sudah program setiap tahun sekali.

“Tujuan praktek hewan kurban ini terutama melaksanakan pelajaran agama Islam yang terkait mengikuti sejarah jejak Nabi Ibrahim ketika mendapat wahyu dari Allah SWT untuk memotong putranya benama Nabi Ismail, ketika dipotong putranya Ismail diganti oleh Allah SWT dengan seekor Kambing untuk dibagikan ke fakir miskin, menurut sejarah Islam,” ungkapnya.

H.Subrata selaku panitia peraktek hewan kurban mengatakan, bahwa hewan kurban ini hasil iuran siswa dari kelas 1, 2 dan 3. Per siswa menyumbang 30.000 tanpa paksaan dan kesadaran siswa sendiri untuk melakukan praktik menyebelih hewan kurban.

“Praktek tahun ini kita mendapatkan 1 ekor sapi dan 1 kambing. Tujuan praktek hewan kurban ini, untuk peduli sosial antara siswa yang tidak mampu dan peduli sosial terhadap farkir miskin yang ada di lingkungan sekolah, dan agar siswa dapat mengingat sejarah Islam tentang Nabi Ibrahim ketika mendapat wahyu disuruh memotong putranya bernama Nabi Ismail AS yang diganti oleh seekor kambing. Hikmah peraktek hewan kurban ini kita tingkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT,” ungkap H.Subrata.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Anyar, H.Bambang Gunawan mengatakan, bahwa sekolah hanya menyediakan sarana dan fasilitas untuk praktek kurban.

“Praktek kurban ini untuk menunjang siswa tentang pelajaran Ilmu Agama Islam, dan tujuannya untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, serta meningkatkan kepedulian sosial antara siswa yang tidak mampu,” ujar H.Bambang. (Red/RH)