SERANG, BON – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Serang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Serang menggelar Festival Lomba Pencak Silat Keserangan yang diikuti 40 sekolah SMP, MTs, yang ada di Kabupaten Serang. Kegiatan ini dianggarkan dari APBD Kab.Serang, Kamis, 18 Juli 2019.

Kegiatan ini dihadiri Muspika se-Kabupaten Serang, Bupati Serang Hj Tatu Hasanah, Wakil Bupati Serang, dan Dandim Cilegon Royco, dan dihadiri pula juara Pencak Silat Internasional, Kang Yayan selaku Aktor terkemuka. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Bupati Serang Hj Tatau Hasanah.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Serang, Hj Tatau Hasanah mengatakan, bahwa Festival Pencak Silat digelar di Pantai Pal Anyar tujuannya untuk menarik wisata lokal dan asing, pencak silat ini fungsinya untuk menjaga bela diri dan kerativitas generasi muda dalam seni budaya silat Keserangan.

“Seni pencak silat ini udah masuk kurikulum sekolah dasar dan menengah (Mulok-red),” ungkap Bupati Serang.

Angkat bicara juga Kang Yayan bahwa pencak silat Keserangan dapat mengusir penjajah di Banten, dan dapat meningkatkan seni budaya Banten, dapat membuka lapangan kerja, dan keratifitas generasi muda untuk mengembangkan Seni Silat Keserangan Banten

Sementara, Camat Anyar juga angkat bicara bahwa Festival Pencak Silat Keserangan digelar di Anyar.

“Kami berterimakasih untuk meramaikan Wisata Anyar, dan Pencak Silat atau Debus kami akan peromosikan ke setiap hotel-hotel atau tamu-tamu wisata asing yang datang ke Anyar, dengan kerjasama oleh Dinas Pariwisata dan PHRI yang ada di Anyar,” ungkap Camat Anyar Khaerul Anwar. (RH)