CILEGON, BON | Ratusan buruh yang tergabung dalam Federasi Serikat Buruh Krakatau Steel (FSBKS) menggelar aksi demo di gedung DPRD Kota Cilegon, Jalan Jenderal Sudirman, Senin 19 Desember 2016.

Mereka menuntut buruh kontrak diangkat menjadi karyawan tetap pada Perusahaan BMUN tersebut.

Dalam orasinya buruh meminta Dewan memfasilitasi buruh dan PT.KS agar buruh ditetapkan menjadi karyawan tetap.

Salah satu perwakilan buruh, Munir mengatakan, jika nanti tuntutan buruh tidak diakomodir oleh PT.KS, yakni menjadi karyawan tetap pihaknya akan tetap bertahan sampai tuntutannya terpenuhi.

“Jika nanti tuntutan kami tidak terpenuhi, kami akan tetap bertahan. Bahkan akan menginap sampai tuntutan kami terpenuhi,” ujarnya di sela aksi demo, Senin (19/12/2016).

Hal yang sama juga dikatakan Juneni yang mengaku bekerja di PT.Santana Wahana Baja anak Perusahaan Krakatau Steel. Dirinya bekerja sudah hampir puluhan tahun tapi sampai saat ini belum juga diangkat menjadi karyawan tetap.

“PT.KS hanya mementingkan untung saja tanpa memikirkan kami sebagai buruh yang bekerja hampir 10 tahun di PT.KS sampai saat ini belum diangkat menjadi karyawan tetap. Seharusnya kami yang diangkat menjadi karyawan tetap, jangan merekrut karyawan lagi,” ujarnya.

Aksi demo yang dikawal puluhan aparat Kepolisian Polres Cilegon berjalan tertib dan aman. Akhirnya 10 Perwakilan Buruh diterima Anggota Dewan dan perwakilan dari PT.KS. (red)