sosialisasi-pokjanal-1

SERANG, BON | Bertempat di Aula Gedung PGRI Kecamatan Anyer pada Kamis (17/11/2016), puluhan Kader Posyandu dari 3 Kecamatan, yaitu Kecamatan Anyer, Kecamatan Mancak dan Kecamatan Cinangka menghadiri pengukuhan dan pembentukan kelompok kerja operasional POKJANAL Posyandu tingkat Kabupaten Serang.

Dalam Acara tersebut, turut dihadiri pula oleh Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah, Kepala BKBPMP Kabupaten Serang, Oyon Suryono, Kepala UPT BKBPMP Kecamatan Anyer, Wardi, serta unsur Muspika setempat.

Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah mengatakan, bahwa pembentukan Pokja Posyandu di tingkat Desa dan Lokjanal di tingkat Kabupaten sangatlah penting. Selain itu, mereka juga berperan dalam menekan angka kematian ibu AKI dan angka kematian Balita AKB di tiap daerah.

“Maka dari itu sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negri Nomor 54 Tahun 2007, Posyandu di tingkat Provinsi, Kabupaten, dan Kota dibutuhkan penguatan dan kordinasi lintas sektor.

“Agar Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) saling mendukung dan berdampak pada meningkatnya kesadaran masyarakat tentang kesehatan,” paparnya.

Hal senada disampaikan Kepala BKBPMP Kabupaten Serang, Oyon Suryono. “Posyandu tidak bisa berjalan sendiri. Keterlibatan dan dukungan dari instansi terkait sangatlah perlu dilakukan. Contohnya, sosialisasi Keluarga Berencana (KB) harus melibatkan Puskesmas yang berada dinaungan Dinas Kesehatan, dan Dinas Sosial yang juga berperan untuk memberikan kesejahteraan para kader,” ujarnya. (RH/BAY)