ANYAR, BON | Desa Cikoneng, Kabupaten Serang, menggelar HUT Ke 38 tahun di Pantai Tanjung Tum Cikoneng Anyar yang dihadiri dari masyarakat Cikoneng, tokoh masyarakat, pemuda, Muspika Anyar, Mupida Kabupaten Serang Provinsi Banten, Rabu (14/12/2016).

Ketua Umum Lampung Sai H. Sahrudin Purna Bakti Gubernur Lampung dan didampingi oleh Kepala Desa Wahdini Mpd dan didampingi oleh Ketua Lampung Sai Desa Cikoneng Muklis.

Menurut Wahdini selaku Kepala Desa Cikoneng bahwa lahirnya Desa Cikoneng tepat pada tanggal 11 Juni 1978 hasil pemekaran dari desa Bandulu, dan kegiatan ini dimeriahkan dengan even-even, lomba-lomba, seperti catur, Volli Ball, gerak jalan santai, Qosidah, Sanggar Seni Lampung dan Debus Lampung.

“Kami adakan juga hadiah dopres seperti hadiah sepeda, lemari es, kipas angin dan alat-alat tulis dan buku sekolah. Ada pun tujuan HUT Cikoneng ini untuk mengingat sejarah situs-situs peningalan pahlawan Lampung Cikoneng seperti Makam Minak Sa’aji, H.Sarifudin mantan Presiden RI darurat pada zaman Bung Karno, peninggalan Pulau Sanghiyang, Menara Micusuar yang akan direbut oleh jaman jepang. Ini harus kita kenang kembali agar cucu-cucu kita dapat mengingat sejarah Cikoneng dan Desa Cikoneng agar lebih maju lagi,” ungkap Wahdini.

Salah satu Ketua Seni Budaya Sanggar Lampung, Emil Saripudin, masyarakat di Desa Cikoneng merupakan keturunan cucu H.Sarifudin, Mantan Presiden RI Darurat pada zaman Bung Karno. Besarnya Desa Cikoneng ini hasil pejuang para pahlawan Lampung Sai yang ada di Cikoneng seperti Raden Intan, Sultan Hasanudin, H.Sarifudin dan peninggalan situs-situs di Cikoneng.

“Masih banyak yang belum digali oleh masyarakat Cikoneng seperti di Pulau Sanghiyang pada waktu zaman Jepang. Tujuan peringatan HUT Cikoneng ini, kita tingkatkan kebersamaan, Ukhuwah Islamiyah dan membangun semangat Desa Cikoneng,” ungkap Emil Sarifudin. (RH/TIM)