CINANGKA, BON | Pemerintah Republik Indonesia (RI) dan menbuka akses pengembangan industri di seluruh wilayah Indonesia.

PT Krakatau Tirta Industri (PT.KTI) melalui press release menyatakan, bahwa pihaknya turut serta mensukseskan program pemerintah tersebut melalui pelaksanaan Proyek Cipasauran yang meliputi pembangunan Bendungan Cipasauran, pembangunan WTP Cidanau, dan pemasangan jalur pipa untuk memenuhi kebutuhan air bersih di Kota Cilegon dan sekitarnya bagi masyarakat dan industri strategis yang ada.

Proyek Cipasauran merupakan proyek infrastruktur yang penting. Lahan yang menjadi area pemasangan jalur pipa Proyek Cipasauran terbagi ke dalam 2 jalur yaitu:

  1. Jalur 1 dari Desa Pasauran sampai dengan Desa Sindanglaya, Kecamatan Cinangka yang berada di bahu jalan kabupaten dan bahu jalan nasional yang telah memiliki ijinnya oleh PT.KTI masing-masing dari Dinas Pekerjaan Umum Pemkab Serang.

  2. Jalur 2 dari Desa Sindanglaya, Kecamatan Cinangka sampai dengan CAPC di Kelurahan Gunung Sugih, Kota Cilegon yang berada pada tanah atas nama PT Krakatau Steel.

Adapun total panjang jalur pemasangan pipa pada kedua jalur tersebut kurang lebih 29 KM dan sekitar kurang lebih 1,8 KM lahan area pemasangan pipa dalam proses pemasangan sesuai jadwal. Pelaksanaan pemasangan pipa dilaksanakan dengan memperhatikan jadwal yang ada.

Dalam pelaksanaan pemasangan pipa pada kedua jalur tersebut tidak ada transaksi penggantian lahan. Adapun biaya yang diberikan kepad masyarakat hanya berupa kompensasi akibat gangguan proyek, seperti debu, kebisingan, dan ganguan akses jalan serta biaya bongkar pasang terhadap infrastruktur yang terdampak pemasangan pipa.

Penyelesaian pekerjaan pemasangan pipa sebagai bagian penting dari Proyek Cipasauran PT.KTI mendesak untuk diselesaikan disebabkan semakin meningkatnya kebutuhan air bersih di Kabupaten Serang dan Kota cilegon, baik bagi masyarakat maupun industri. (RH/RED)