Serang ,BantenOnline News.Com pembukaan MTQ ke 52  dbuka oleh Hj Tatu Chasanah  sekaligus memberikan sambutan MTQ ke-52 tingkat Kabupaten Serang di Hotel Marbella Anyer, Senin (28/3/2022).

Menurut Andika, peran teknologi informasi yang berkembang pesat saat ini sangat signifikan pengaruhnya dalam kehidupan bermasyarakat.  Melalui media digital diharapkan dapat lebih memacu masyarakat khususnya generasi muda untuk memahami, menghayati dan mengamalkan Al-Qur’an, sebagai pedoman hidup untuk menata kehidupan yang lebih baik, secara duniawi maupun ukhrowi.

Ditegaskan Andika, dengan sungguh-sungguh memahami, menghayati dan mengkaji nilai-nilai kandungan isi Al-Qur’an, hal itu dapat membuat kita melihat bahwa Al-Qur’an telah memberikan dasar pijakan yang menyeluruh bagi manusia untuk menata kehidupannya. Dalam Al-Qur’an terkandung tata nilai yang mencakup seluruh aspek kehidupan dalam rangka mencapai kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat.

Andika, berharap penyelenggaraan MTQ tersebut hendaknya tidak sekedar dilaksanakan sebagai suatu rutinitas semata, namun sungguh-sungguh dimanfaatkan secara optimal sebagai wahana untuk melakukan proses aktualisasi nilai-nilai ajaran Islam  secara menyeluruh dalam rangka menata kehidupan ke arah yang lebih baik.

Sebagai sebuah kompetisi, Andika, meminta MTQ Kabupaten Serang juga dapat menjadi ajang untuk berlomba dalam kebaikan atau fastabiqul khoirot dan menjadi wahana untuk pembinaan kafilah, khususnya qori-qori’ah, hafidz-hafidzoh. Selain itu, MTQ ini harus menjadi ajang seleksi bibit-bibit anggota kafilah Kabupaten Serang untuk bisa berlomba di tingkat Provinsi dan nasional.

MTQ ke-52 Kabupaten Serang  berlangsung dari tanggal  28 Maret -31 Maret 2022  dengan protokol kesehatan ini diikuti  1.392 peserta dalam 11 cabang dan 20 golongan yang diperlombakan,  diantaranya; Cabang tilawah, Cabang Tahfidz Al-Qur’an, Cabang tafsir Al-Qur’an, Cabang Qiroatul Qutub, Cabang fahmil Qur’an, Cabang Syahril Qur’an, dan Cabang menulis makalah.

Semua bidang Lomba mtq ke 52 untuk tahun 2022 ini mengunakan sistem zoom, online dan tidak boleh nonton secara manual .

Dan wagub banten juga akan menganggarkan MTQ tingkat kabupaten serang sekitar 30 milyar setelah dikonfirmasi oleh awsk media ungkap Andika.

(Ref/Bay/Neni)