CILEGON, BON | Lembaga Pemasayarakatan (Lapas) kota Cilegon gelar acara seremonial pengantian kepala lapas dari Fonika Affara A.Md, IP., SH kepada Heri Aris Susila A.Md,IP., SH sebagai ketua Lapas yang baru. Acara ini dilaksanakan di Aula Lapas kota Cilegon pada hari Senin lalu (10/09/2018).

Acara penggantian ketua Lapas iniĀ  dihadiri oleh kantor wilayah Lapas provinsi Banten, segenap muspika, para tokoh masayarakat, Lembaga Swadaya Masyarakat, beserta jajaran pengurus Lapas.

 

Menurut Fonika Affara yang sebelumnya menjabat sebagai kepala Lapas kota Cilegon mengatakan pergantian ini adalah suatu prestasi baginya karena ia akan dimutasi ke wilayah pulau Riau walaupun ia mengakui sebenarnya ada beberapa program yang belum terlaksana sewaktu menjabat kepala lapas seperti membuat sarana perpustakaan untuk para narapidana.

“Ada beberapa program kami yang belum selesai seperti membuat sarana perpustakaan bagi narapidana. Tapi, Insya Allah, program ini akan dilanjutkan kepada ketua Lapas yang baru,” ungkap
Fonika.

Sedangkan, Heri Aris Santoso ketua Lapas baru mengatakan bahwa pihaknya siap untuk melanjutkan program-programĀ  yang belum terlaksana. Menurutnya, program pemberdayaan kepada para narapidana ini dibuat agar mereka keluar dari Lapas mampu bekerja dengan baik di masayarakat dan tidak mengulangi kesalahannya.

“Kami juga butuh kerjasama dengan jajaran anggota lapas, segenap tokoh masayarakat, dan media yang ada di kota Cilegon agar pra dan pasca program bisa maksimal,” ungkap Heri Aris Santoso ketika diwawancarai oleh BON.

Heri Aris Santoso juga berharap, mudah mudahan Lapas kota Cilegon dapat dimanfaatkan oleh masayarakat kota Cilegon, terutama mampu memberikan pemberdayaan skill atau keahlian bagi para narapidana.(Rh/tim)