Cilegon, BantenOnlineNews.com

Kantor Pelayanan Pajak atau KPP Pratama Cilegon bekerja sama dengan Pemerintah Kota Cilegon mengadakan kegiatan Business Development Services atau BDS untuk para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang berada di bawah binaan Pusat Inkubator Wirausaha dan Klinik UMKM (PIWKU) Banten, Jumat (11/2/2022).

BDS merupakan salah satu strategi Direktorat Jenderal Pajak atau DJP dalam memberikan pembinaan dan pelatihan kepada wajib pajak UMKM untuk mengembangkan usahanya secara berkesinambungan. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran, keterikatan, dan kepatuhan UMKM terhadap pajak. Tidak bisa dipungkiri bahwa sektor UMKM merupakan bagian penting dari ekonomi Indonesia karena kuantitasnya sangat besar dan sangat berjasa dalam menciptakan kesempatan kerja, minimal untuk dirinya sendiri.

Kegiatan dilaksanakan di Aula KPP Pratama Cilegon dengan menghadirkan narasumber H. Sabihis, CEO Ngejubel.com, yang mengajarkan bagaimana menjual produk secara online. Acara dibuka oleh Walikota Cilegon, Helldy Agustian sekaligus memberikan arahan kepada pelaku UMKM agar tetap eksis dan dapat berkembang di masa pandemi. Walikota juga mengajak pelaku UMKM dan seluruh warga Cilegon untuk taat pajak, salah satunya dengan melaporkan SPT Tahunan secara tepat waktu.

Kepala KPP Pratama Cilegon, Arvin Krissandi memberikan sambutan sekaligus menyampaikan informasi berbagai capaian KPP Pratama Cilegon. Capaian yang sangat membanggakan adalah predikat sebagai Kantor Pelayanan Terbaik tahun 2021 se-Kanwil DJP Banten. Penerimaan pajak tahun 2021 juga melebihi target yang diamanahkan, yaitu mencapai 107,06%. KPP Pratama Cilegon menyampaikan ucapan terima kasih dan apresasi setinggi-tingginya kepada seluruh wajib pajak Cilegon yang telah taat membayar pajak sehingga target penerimaan dapat terlampaui dan diharapkan dapat dipertahankan untuk capaian tahun 2022.

Dalam memberikan pelayanan prima kepada para wajib pajak, KPP Pratama Cilegon telah menyediakan layanan tanpa turun atau drive thru untuk kenyamanan dan kecepatan pelayanan kepada wajib pajak. Selain itu, KPP Pratama Cilegon juga membuka layanan informasi melalui aplikasi whatsapp “Halo Cilegon” yang dapat diakses melalui nomor 0813-5000-4417. Pada layanan ini, pesan wajib pajak akan dijawab secara real time sesuai dengan informasi yang dibutuhkan.

Sebagai wujud nyata kegiatan BDS, KPP Pratama Cilegon menyediakan galeri produk UMKM dan secara aktif memasarkannya kepada masyarakat yang berkunjung ke KPP. Galeri UMKM telah diujicobakan sejak awal bulan Desember 2021 dan diresmikan pada hari ini oleh Walikota Cilegon. Sistem penjualannya mengedepankan asas kejujuran karena tidak ada petugas khusus yang menjual dan menerima pembayaran. Setiap produk diberikan label harga serta informasi lain seperti nama produk, identitas pemilik, nomor rekening serta nomor telepon yang dapat digunakan pengunjung untuk berkomunikasi dengan pemilik produk. Selain itu, juga tersedia kotak pembayaran maupun QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) untuk memudahkan pembeli saat melakukan pembayaran.

Kegiatan BDS dan Galeri UMKM terselenggara berkat kerja sama KPP Pratama Cilegon dengan PIWKU Banten yang dikomandoi oleh Laura Irawati selaku Direktur PIWKU Banten. Dalam sambutannya, Laura mengucapkan banyak terima kasih kepada KPP Pratama Cilegon dan Pemerintah Kota Cilegon yang turut membantu mengembangkan UMKM. Melalui kegiatan BDS, ia juga berharap para pelaku UMKM dapat bangkit dan lebih maju meskipun dalam kondisi pandemi, serta tentunya tidak lupa untuk taat pajak.

H. Sabihis mengatakan ” keterlibatan dari Ngejubel.com ini untuk menaikkan UMKM khusus Kota Cilegon, untuk menurunkan angka pengangguran. Dengan Ngejubel.com para UMKM daftar dan masuk, otomatis semakin banyak yang masuk ke Ngejubel.com secara otomatis akan menurun angka pengangguran dikota Cilegon.  Dan yang terpenting bagi Ngejubel.com ini ialah membantu meningkatkan mengembangkan prodak- prodak UMKM dikota Cilegon,” paparnya.

(Red/Bay/Baihaki)