CILEGON, BON | Korem 064 Maulana Yusuf Banten menggelar Simulasi Tsunami Drill yang berlangsung selama lima hari dengan acara yang dimulai semenjak hari Senin lalu (5 s.d 9-11-2018) di deretan pantai Patra Jasa Tambang Ayam, Anyar.

Menurut seksi latihan Korem 064 MY Banten Mayor Inf. Ferry Ardian mengatakan kepada awak media bahwa kegiatan pelatihan penangulangan bencana/simulasi tsunami drill ini diadakan selama lima hari yang dimulai semenjak hari Senin (5-11-2018) sampai hari Jum’at (9-11-2018). Sebelum latihan lapangan, para peserta yang berisi para anggota kesatuan KOREM 064 MY Banten diberikan materi di dalam ruangan seputar cara penangulangan bencana alam atau tsunami drill. Sedangkan, untuk narasumber sendiri panitia mengundang dari BPBD Provinsi Banten .

 

Adapun untuk praktek tsunami drill di lapangan, panitia acara mengambil lokasi di pantai Patra Jasa Anyar Desa Tambang Ayam bersama jajaran anggota Korem 064 MY Banten, masayarakat tambang ayam, beserta siswa-siswi MTs Al-Khairiyah Tambang Ayam.

 

“Tujuan kegiatan tsunami drill atau pelatihan penanggulangan bencana alam ini agar kesiap siagaan para personil anggota korem lebih perofesional dalam menangani bencana alam dan masayarakat pun lebih memahami cara-cara menyelamatkan diri kalau terjadi sunami dari laut dan bencana alam,” ungkap Ferry Ardian.

 

“Kenapa kita selalu adakan latihan siaga bencana setiap tahun? Oleh karena negara Indonesia ini rawan bencana dan apalagi kita sekarang. Sekarang, kita sedang digoncang getaran Anak Gunung Krakatau dalam status siaga satu yang hampir setiap harinya mengeluarkan dentuman ringan,” tutup Perwira Seksi Latihan.

(RH/Tim)