CILEGON, BON | Tahun 2017, Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Cilegon telah menyiap sejumlah program strategis. Hal itu terungkap dalam rapat pengurus KONI Kota Cilegon dengan sejumlah pengurus cabang olah raga di Sekretariat KONI Kota Cilegon, di Komplek Taman Cilegon Indah, Rabu (25/1/2017).

Ketua KONI Kota Cilegon, Budi Mulyadi mengatakan, program strategis yang dimaksud adalah pemetaan cabor unggulan, restrukturisasi Pengcab dan pendataan administrasi Atlet.

“Cabor unggulan yang dimaksud adalah kami meminta kepada seluruh Pengcab untuk mempresentasikan kesiapan cabornya masing-masing guna mempersiapkan Porprov 2018 di Kab.Tangerang,” katanya.

Menurutnya, untuk cabor unggulan KONI Cilegon memberikan kebebasan dengan catatan tidak instan, artinya dalam pembinaan kemudian juga regenerasi.

“Kami membebaskan jumlah Cabor unggulan yang diajukan oleh masing-masing Pengcab, dan akan diverifikasi. Cabor ini akan mendapatkan skala prioritas. Sehingga nanti akan ada kesamaan dalam persepsi untuk menyiapkan generasi emas,” ujarnya.

Masing-masing cabor, lanjut Budi, sudah memenuhi ketentuan yang ditetapkan dalam aturan perundang-undangan dan aspek penilaian cabor unggulan. Diantaranya soal dukungan sarana dan prasarana, sumber daya manusia (SDM) atlet dan pelatih serta prestasi cabor yang diunggulkan.

“Selain itu, ada juga aspek tambahan yang terkait pengembangan Cabor yang bersangkutan di organisasinya masing-masing, dimana cabor yang bersangkutan disenangi masyarakat daerahnya, serta didukung kondisi fisik lingkungan,” tuturnya.

Ia mengaku, di tahun 2017 ini ada beberapa Pengcab yang harus segera melakukan restrukturisasi, sehingga keberadaan Pengcab bisa diakui.

“Ada beberapa Pengcab yang memang harus segera dilakukan restrukturisasi, sehingga legalitas keberadaan Pengcab tersebut berdasarkan aturan dapat dilakukan pembinaan oleh KONI Kota Cilegon. Ada dua Pengcab yang masuk dalam wadah KONI yakni, Golf dan Drumband,” ujar Budi.

Wakil Ketua II Bidang Pembinaan dan Prestasi, Zulandry Firman mengatakan, selain program strategis, dirinya berharap agar ada pembentukan satuan tugas olahraga guna mewujudkan prestasi pada semua event.

“Rencana ke depan, KONI Kota Cilegon akan membentuk satuan tugas (Satgas) Olahraga, yang nanti fungsinya bersama dengan Bidang Binpres akan melakukan pemantauan kepada atlet Cilegon yang berprestasi. Selain itu, juga Satgas yang dimaksud bisa membuat program semisal Pelatkot, sehingga atlet-atlet yang akan bertanding baik level daerah maupun nasional, mendapat porsi latihan yang penuh,” ungkapnya.

Hadir pada rapat pengurus tersebut, Bendahara KONI Kota Cilegon Alimudin, sejumlah pengurus KONI Cilegon serta beberapa Pengcab. (red)