Novel Baswedan menjalani perawatan rutin di Singapura, Selasa, 18 April 2017.

JAKARTA, BON | Penyidik KPK Novel Baswedan sudah menjalani perawatan di Singapura selama 10 hari. Ada perkembangan yang signifikan pada mata kanan Novel.

“Untuk mata sebelah kanan ada pemulihan yang signifikan dan diharapkan beberapa hari ke depan bisa menyentuh perbaikan kornea mata,” ujar Kabiro Humas KPK Febri Diansyah, Sabtu, 22 April 2017.

Dokter melakukan analisis langsung terhadap kedua bola mata Novel menggunakan alat periksa mata manual. Selain itu, ada cairan kimia yang digunakan.

“Memberikan cairan kimia terhadap kedua bola mata untuk mengetahui kondisi mata dengan indikator warna, memberikan eye drop, membersihkan sela di antara mata dan ‘casing’ mata agar tidak merapat akibat inflamasi, dan pengecekan tekanan pada mata,” jelasnya.

Febri menerangkan, terdapat perkembangan pemulihan daerah putih mata kanan (conjungtiva) sebesar 10-20%. Sedangkan mata kiri hanya sekitar 5-10%. “Tekanan mata kanan sebesar 16/17, dengan range batas normal adalah 6-21,” tuturnya.

Febri mengatakan pemulihan mata kiri Novel masih lambat. Diprediksi prosesnya dalam hitungan minggu. Salah satu kendalanya, ada sedikit kondisi merapatnya bola mata dengan ‘casing’ mata akibat peradangan.

“Namun sudah dibersihkan dan kembali normal,” katanya.

“Untuk mata kanan dan kiri, belum ada pertumbuhan bagian kornea karena terkait dengan proses lanjutan setelah bagian putih tumbuh,” imbuhnya. (red)