JAKARTA, BON | Hari ini, Sabtu 19 Agustus 2017, pukul 19.00 – 22.00 WIB, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan dan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Ade Supandi akan hadir memberi materi kebangsaan dan kemaritiman di hadapan 15.000 Pramuka peserta Raimuna Nasional XI 2017 Gerakan Pramuka, di Lapangan Utama Bumi Perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta.

“Kita ingin setiap Pramuka pulang ke daerah masing-masing membawa semangat baru dan inspirasi bagi Gudepnya, Kwarcabnya, Kwardanya, bagi daerahnya, dll. Kak Zulkifli Hasan akan bicara tentang pengamalan nilai-nilai Pancasila dan pentingnya gotong-royong, sedangkan KASAL Kak Ade Supandi akan bicara tentang kemaritiman. Keduanya juga akan bicara tentang pengalaman mereka saat di Pramuka dan prinsip-prinsip hidup mereka,” jelas Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault di Bumi Perkemahan Pramuka, Cibubur, Jakarta, Sabtu, 19 Agustus 2017.

Sebelumnya, dalam kunjungan Kwarnas Gerakan Pramuka di Markas Besar TNI AL, Laksamana TNI Ade Supandi mengatakan, “Pramuka ada di seluruh kelurahan di Indonesia, dari sekolah hingga universitas, Pramuka juga punya Saka Bahari. Lewat Pramuka kita bisa mengembalikan kejayaan maritim Indonesia.”

Raimuna Nasional adalah pertemuan Pramuka usia 16-25 tahun dari 34 Provinsi dan 514 Kota/Kab di Indonesia. Inilah pertemuan generasi millennial dan generasi z terlengkap di Indonesia.

Merespon semangat zaman, Kwarnas Gerakan Pramuka sekarang memiliki tagline Setiap Pramuka adalah kantor berita. Artinya, setiap Pramuka wajib menggunakan media sosialnya untuk membela NKRI, Pancasila dan mempromosikan Indonesia, serta tentunya memberitakan kegiatan Pramuka. Sebagai panduan di media sosial Kwarnas Gerakan Pramuka juga mengeluarkan 10 Tugas Pramuka di media sosial. (red)