Cilegon,Bon Ketua DPRD Kota Cilegon Endang Efendi ,Ketua Komisi II Faturohmi,kepala kelurahan Gerem Deni Yuluandi dan bersama warga Lingkungan Kalibaru , Kelurahan Gerem Kecamatan Gerogol,Kota Cilegon sedang aksi membelokir akse jalan ke Depot B PT.Dover Chemical,pada hari jumat 22/11/.Aksi ini di lakukan oleh anggota dewan legislatif dan masyarakat sampai kamis malam .

Pembelokiran ini disebabkan bau menyengat pencemaran udara kearah lingkungan Kp.Kali baru RT 04/RW02 Menurut Ketua RT 04 Afa Sukun menyikapi pencemaran udara yang sudah terjadi berapa kali,dan warga sudah sering melayangkan surat,perotes hingga meminta bantua kmn ke pada anggota DPRD kota Cilegon untuk mediasi warga sama perusahaan PT.Dover tersebut.

Meskipun mediasi yang dihadiri oleh perwakilan DPRD Kota Cilegon,Dinas Lingkungan hidup (DLH) H.Ujang Iing ,dan sampai sekarang tidak ada tindak lanjut dari perusahaan PT.Dover. Dan menurut Humas PT.Dover Rahmatullah saat di konfirmasi oleh media bahwa terjadi bau pencemaran tersebut keadaan mesin pabrik sedang di bersihkan atau sedang peroses cleaning yang sedang dilakukan oleh pihak perusahaan PT .Dover.

Menurutya,sejak Warga meminta pabrik tidak dioperaskan,pihaknya sudah mengabulkan itu. “Tapi karena masih ada material di dalam mesin perlu kita bersihkan atau cleaning,” ujar Humas Rahmatullah. Terkait relokasi warga atau pedol desa pihak perusahaan kami butuh hitung terlebih dahulu, terutama pelapon harga untuk membebaskan lahan yang ada dilingkungan Kali baru RT04/RW 02.

Angkat bicara juga Ketua Dewan DPRD kota Cilegon Endang Efendi mengatakan sebelumnya ia sudah memerintahkan komisi yang Terkait yang untuk menyikapi persoalan tersebut sehingga tidak ada warga atau pihak manapun yang dirugikan. “Kami meminta PT.Dover Chemical untuk Bedol Desa sesuai dengan aturan. Warga pernah minta Kekami agar PT.Dover dapat di tutup,taki kami tidak bisa sewenang wenang ,tetap memberikan kesempatan pada PT .Dover tapi dengan janji , memastikan tidak ada lagi kebocoran”, kata ketua dewan . Eh malamnya ternyata terjadi kebocoran PT .Dover lagi ,lalu Ketua dewan Endang Efendi blokir jalan pabrik tersebut degan mobil dinas dan warga kelurahan Gerem selama 13 jam. (Rh/Tim)