Banten,Bon
Pada hari Selasa 24/11/2020 Kanwil Kemenag perovinsi mengelar sosialisasi tentang aturan Undang-undang no 8 tahun 2019 tentang penyelenggaraan Haji dan Umroh di hotel Aston Cilegon ,yang di hadiri oleh para calon jamaah haji dan umrah se-Banten dan di hadiri oleh Dewan RI komisi VIII H.Yandri dan di hadiri pula kepala bidang haji h.mahdum dan kepala Kanwil Kemenag perovinsi Banten .

Ibadah Haji adalah melaksanakan rukun Islam kelima bagi umat Islam yang mampu melaksanakan ibadah kebaitullah di kota Mekah,dan Ibadah Umroh adalah berkunjung kebaitullah bagi umat muslim Haji dengan melaksanakan ibadah umroh dengan melakukan tawaf,Sai,dan Tahalul.

Menurut Kabid Haji dan Umroh H Mahdum mengatakan kepada awak media bahwa jamaah haji di Banten berjumlah 9.460 jama’ah haji di tahun 2020 tidak di berangkat kan dengan alasan dalam kondisi Covid-19 ,dan untuk di tahun 2021 pemberangkatan jama,ah Haji bisa jadi berangkat dan busa jadi tidak dengan alasan apabila Covid 19 sudah hilang,ada vaksin,dan kerajaan Arab Saudi nya sudah membolehkan peluang kuota jamaah haji di buka oleh kerajaan Arab Saudi,dan apabila di Arab Saudi membolehkan pemberangkatan haji Indonesia tetapi di batasi kuotanya untuk menghindar Covid -19 dan dapat memenuhi aturan perotokol kesehatan.

Dan untuk angka pembatasan pemberangkatan haji di Indonesia belum juga ada informasi dari Arab Saudi dan wacana akan di beri tembusan bulan Febuari -maret 2021 ungkap H.Mahdum .

Harapan kami pemberangkatan haji di percepat di permudah ,dan cepat selesai dari gangguan virus Covid-19 ujar Kabid Haji Kemenag perovinsi Banten.

(Rh/Red)