Cilegon,Bon
Kasi pemerintahan dan terantibun kelurahan gunung sugih kecamatan Ciwandan mengadakan pelatihan siaga bencana dan bimbingan teknis Linmas kelurahan gunung sugih di aula dan di halaman kelurahan yang di laksanakan pada hari Selasa 29/12/2020 , adapun peserta yang hadir dari ketua RT,RW, Linmas,pokmas, Kader PKK dan staf kelurahan gunung sugih.

Menurut ketua panitia pelaksana Rahman mengatakan bahwa kegiatan Pelatihan Siaga Bencana Dan Bintek Linmas ini diselenggarakan satu tahun sekali yang dianggarkan dari DAU (Dana anggaran pusat),dan sekaligus memberikan bantuan alat alat siaga bencana kepada 19 RT seperti alat TOA,Senter, Dispenser dan bantuan Tenda darurat untuk 5 RW yang ada dilingkungan kelurahan gunung sugih untuk Siaga Bencana ungkap Rahman.

Adapun untuk Nara sumber pelatihan siaga bencana dan Bintek Linmas ( keamanan lingkungan masyarakat) kita Ambil dari BPBD kota Cilegon , Damkar kota Cilegon, Muspika kecamatan Ciwandan H.Agus Ariyadi. Untuk materi yang diberikan kepada peserta Relawa Siaga Bencana yaitu cara menolong bencana banjir,cara memasang tenda dapur umum, cara menolong bencana memadamkan kebakaran di rumah warga ujar Rahman.

Dan kegiatan Bintek Linmas (Keamanan lingkungan masyarakat) , dan pelatihan Siaga Bencana ini di buka oleh kepala kelurahan gunung sugih Bustanil Arifin ST yang diwakili oleh kasih Pemerintah an dan Terantib sekaligus memberikan sambutan kepada peserta Relawa Siaga Bencana dan linmas , beliau mengatakan tujuan dengan adanya pelatihan Siaga bencana dan Bintek Linmas ini untuk mengingat kan siap siaga apabila ada bencana alam seperti Gempa,sunami, atau bencana dari lingkungan pabrik kimia PT Chandra asri sudah siap siaga ungkap Rahman dalam membawa sambutan lurah Bustanil Arifin ST.

Angkat bicara juga dari BPBD ( Badan Penanggulangan Bencana Daerah )kota Cilegon Utang mengatakan bahwa pelatihan siaga bencana alam ini sangat penting sekali di daerah rawan banjir, Gempa,sunami, bencana yang diakibatkan dari pabrik kimia kita siapkan siaga bencana seperti memberikan informasi melalui TOA, alat pengeras suara,cara mendirikan tenda dapur umum,serine yang udah dipasang di samping kelurahan gunung sugih yang di pasang dari BPBD pusat dan alat tersebut apabila terjadi bencana serine tersebut akan bunyi di lingkungan kelurahan gunung sugih ungkap Utang Selaku Kabid BPBD kota Cilegon.

Kasi Damkar kota Cilegon juga bicara
Nano Eko mengatakan kami memberikan materi tentang bencana kebakaran yaitu cara pemadaman api dengan menggunakan alat sederhana seperti karung goni basah, pasir, air dan alat pemadam api .

Dan kami selaku Dinas Damkar untuk membantu warga yang sukarela dan ikhlas tanpa ada pungutan biaya apapun untuk membantu warga yang terkena bencana kebakaran rumah, gedung gedung bertingkat ,dan kami sudah di gazi,
oleh pemerintah Kota Cilegon ujar Nano EKo selaku Kasi OP Damkar kota Cilegon.
(RH/Red)