SERANG, BON | Kecamatan Mancak menggelar nikah masal (isbat masal) di halaman Kecamatan Mancak, Kabupaten Serang, Banten, Jumat, 8 September 2017.

Isbat masal tersebut diikuti sebanyak 40 pasangan pengantin lama yang tidak mempunyai buku nikah atau perkara kawin sirih di dua desa, Sanghiyang, Balai Kencana.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Serang, Kepala Dukcapil Serang, Sekmat Mancak, Kepala Peberdayaan Perempuan Kab.Serang, Kepala Desa, dan Ketua KUA Mancak.

Sekmat Mancak mengatakan, bahwa kegiatan Isbat ini adalah program P2WKS Banten yang dianggarkan dari APBD Banten. “Isbat ini gratis tidak dipungut biaya,” ungkapnya.

Sementara, Ketua Pengadilan Agama Serang, H.Dailih Effendi mengatakan, bahwa di Kabupaten Serang ini masih banyak yang tidak mempunyai surat nikah.

“Secara Syariat Islam banyak yang nikah sirih. Jadi kami dari Pengadilan Agama dapat meyelesaikan perkara Isbat masal agar masyarakat mempunyai buku nikah (surat akte nikah). Kami mengharapkan kepada masyarakat di Kabupaten Serang bagi masayarakat yang ingin Isbat datang Kepengadilan Agama Serang dengan biaya administrasi sebesar Rp.200 ribu sampai Rp.400 ribu,” ujarnya. (RH)