Bon,serang
Pada hari jumat 20-12 tahun 2019 bidang Kasi Kesos/PM kecamatan mancak Kabupaten Serang perovinsi Banten gelar Nikah isbat Masal terpadu di Aula kecamatan mancak berjumlah 70 pasang pengatin yang akan di nikah ulang secara Admitrasi oleh pengadilan Agama Kabupaten Serang bersama KUA Mancak.

Menurut Camat Mancak H.Inzul Arob mengatakan bahwa perogram kegiatan isbat atau nikah masal diadakan satu tahun sekali yang dianggarkan dari APBD kabupaten serang , adapun tujuan isbat masal ini untuk menertipkan admitrasi buku nikah dan fungsi buku nikah ini untuk mempermudah buat KTP,Kartu Keluarga dan lain lain.

Menurut kepala Pengadilan agama kabupaten Serang Drs.H Dalih Efendi mengatakan isbath itu adalah bagi orang yang sudah menikah secara agama islam yang sah ,akan tetapi secara administrasi negara orang tersebut belum terdaftar atau tetdata di KUA .Dengan adanya isbat ini untuk mempermudah mendapatkan buku nikah secara tertulis di Kantor Urusan Agama secara Administrasi pemerintahan kabupaten serang.

Adapun untuk keseluruhan di Kabupaten serang yang udah di Isbat masal mencapai 5000 pasangn sampai tahun 2019

Harapan kami bagi masyarakat yang belum mempunyai buku nikah silakan daftar ke kantor pengadilan agama serang ukapnya.


Dan Kasi Kesos/Pemberdayaan Masyarakat Edi mengatakan bahwa peserta isbat ini dari 14desa yang ada di kecamatan mancak, Dalam pengertian isbat ini supaya memiliki buku nikah , bagi yang sudah menikah secara penghulu atau di bawah tangan dan tidak terdaftar di KUA.

Dan harapan kami bagi masyarakat yang sudah nikah secara agama atau di penghulu dan belum terdaftar di KUA silakan daftar isbat di pengadilan agama atau KUA setempat ungkap Edi selaku Kasi Kesos /PM.

(Rh)