Serang. BantenOnlineNews Com – Kearifan lokal merupakan suatu gagasan setempat yang layak tertanam di masyarakat lingkunganya sebagi alat untuk berpandangan hidup dan pemenuh kebutuhan di berbagai bidangnya. Desa Barugbug membangun sinergi dengan masarakat setempat untuk mengebangkan pertenakan. Salah satunya ternak kambing yang sa’at ini sedang dijalanin Kepala desa (kades) Barugbug H Sulkhi Maisah Selasa (10/01/2022)

“Di temui awak media dan LSM iya mejelaskn.
kegiatan ternak kambing yang bertmpat di Kp kolelet desa barugbug Rt03/Rw07 desa barugbug kecamatan padarincang kab serang. H sulkhi Maisah yang punya kegiatan ternak kambing Allhadulilah kambing pada sehat – sehat keterangan H sulkhi Maisah kades barugbug tersebut.

Dalam ternak kambing di Awalnya seneng dan mencintainya. bahkan sekarang ini sudah ada masyarakat yang juga ikut ternak, hasilnya bagi/paro di setiap kambing panen. Selain di sinih ada tiga titik kandang kambing warga yang mengurus. Untuk hasil dari ternak kambing alhmduliah lumayan. pembinitan nya ada 31 ekor. Setiap panennya 7ekor kambing. Hasilnya 24 juta. Setiap bulanya.” ungkapnya.

“Lebih lanjut. H sulkhi selaku Kades Barugbug Kecamatan Padarincang keinginanya ingin lebih jauh dan lebih positip di masyarskat. ternak kambing ini bukan klompok. ini mah pripadi saya. biar ada kgiatan selain di kantor desa jadi pelayan masarakat ada luang waktu bisa ternak kambing. Ia berharap” peternakn kambing bisa lebih maju banyak pembeli dari luar. mengingat Dan merasa karena ada dimasarakat tidak kurang tidak lebih harus mengikuti aturan.”pungkasya.

Alur UU Dasar.1945 dan UUD hewan yang bunyinya, no 40 tahun 2014. tentang ternak . mengingat 1 pasal 18 ayat 6 UUD Negara Republik indonesia. Dengan Keberhasilan nya berternak kambing. kades Barugbug H.Sulkhi sukses di perternakan dengan sabar dan tawakal kepada allah swt.

( Red /jhon nusi)