SERANG ,BantenOnlineNews.Com

Himpunan Nelayan Pelabuhan Paku Anyer menggelar deklarasi yang sekaligus pengukuhan Pengurus dan anggota yang bertempat di Pelabuhan Paku, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Selasa (04/10/2022).

Ketua HNPPA Ridwan mengatakan, hari ini pihaknya di daulat oleh para nelayan paku untuk memimpin bagaimana mengarahkan masyarakat sini supaya ke arah lebih maju lebih produktif dan menggali sumber-sumber daya lautan yang ada.

“Yang dulu kami pernah alami kejayaan seperti yang saya sampaikan sambutan tadi mudah-mudahan itu bisa di bangkit walaupun dengan metode nya kami harus di renovasi karena alamnya sudah berbeda dengan kita, kalau dulu disini saja sudah cukup, kalau sekarang harus kesana jadi harus merubah alatnya, merubah mindset pola pikirnya,” katanya.

HNPPA ini di bentuk karena sebelumnya ada komunikasi yang terputus sehingga tidak mempunyai jembatan dan harus bagaimana, sehingga akhirnya dibentuk lah HNPPA ini yang untuk mensejahterakan nelayan di desa paku ini.

“Sementara ini yang hadir 60 an orang tapi untuk jumlah total kurang lebih 100 orang anggota, sementara ini hanya nelayan yang di paku saja tapi kalau ada nelayan di luar paku yang ingin bergabung dengan senang hati kami terima. Memang marwahnya untuk sama-sama menaikkan, menaikkan kwalitas, pendapatan, kesejahteraan supaya image yang ada bahwa nelayan itu miskin, tapi saya akan merubah image itu,” tambah Ridwan.

Paguyuban Pengacara Pribumi Banten Roby Yusuf mengatakan, disini sebagai ketua paguyuban pengacara pribumi Banten yang pada satu poinnya adalah mengadvokasikan para nelayan.

“Jadi supaya nelayan ini bisa sejahtera. Karena selama ini kegiatan nelayan berbau-bau dengan peraturan artinya bagaimana mereka melewati aturan berlayar. Bahkan untuk BBM saja hak nelayan itu harus ada aturan hukum,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Anggota DPRD Kabupaten Serang Iwan mengaku sangat mendukung para nelayan di Pelabuhan Paku dan akan membentuk koperasi nelayan.

“Saya disini di tunjuk sebagai pembina mendukung penuh program-program kerja yang dimana untuk program yang paling utama yaitu koperasi nelayan yang dimana koperasi ini akan sangat bermanfaat bagi para nelayan,” ujarnya.

Sementara itu, Camat Anyer Imron Rohyadi mengapresiasi kegiatan deklarasi pengukuhan HNPPA yang di hadiri oleh semua unsur yang terkait dari mulai Dinas Perikanan Kelautan, perusahaan sekitar, termasuk Muspika dan para tokoh masyarakat.

“Kita apresiasi para nelayan dan kita juga ingin organisasi ini bisa dan mampu menjembatani kepentingan-kepentingan teman-teman nelayan khusus nya di pelabuhan paku Anyer dengan semua stakeholder baik Pemerintah Daerah dari mulai Kabupaten, Provinsi bahkan sampai pusat nanti. Terus nanti kita akan coba lihat bagaimana pola-pola CSR baik dari lingkungan sekitardan lain sebagainya ini bisa bermanfaat dan ke depan nya mampu tepat sasaran dan berguna untuk para nelayan,” pungkasnya.

(Red/Yani)