Cilegon, BantenOnlineNews.Com – Dinkop Kota Cilegon mengadakan kegiatan Pelatihan pasilitas kerja sama kemitraan usha UMK yang brtempat disalah satu hotel kota Cilegon pada Selasa (15/03/2022).

kegiatan tersebut dihadiri oleh 50peserta dari berbagi macam pelaku UMK yang ada di kota cilegon. saat ini ada 2000rb UMK. untuk mendogkrak kemajuan pengusha UMK. Dinkop kota cilegon bersinegi memberikan fasilitas dan pelatihan yang mana Nara sumbernya didatangakan langsung dari Shopee, dan CEO OPANG kota Cilegon.

“Kita mencoba mendorong UMK. Pemasaranya Tidak hanya manual. bisa dengan lewat online baik IG,Facebook atow dengan apikasi – aplikasi lain seperti shopee toko pedia, aplikasi koci. dan Ngejubel, sehingga UMK ini tidak monoton jualanya. Para pelaku UMK hari ini bisa Jadi melek tekologi yang berkaitan bagimana cara memasarakan lewat online. Kegiatan hari ini salah satu fasilitas usaha. Bagimna mempelajari trik-trik dagang seperti shopee yang kita udang jadi narasumber sebagi akses marketing. Kemudian akses permodalan juga kita perhatikan. jadi hari ini UMKM yang ada dikota cilegon kita kumpulkan. Selain akses kelmbaggan dan akses pasar dan bagimana akes permodalan karena banyak UMK kita ini yang membutuhkan permodalan meskipun kita dinas koprasi punya UPT dana bergulir.”Ucap agus Ubaidillah.

“agus juga menjelaskan saat di tanya permodalan. pinjamannya kan memang ada kelas nya dari 1-5jt. ada kebijakan dari pak wali dan pak wakil skrng ini 0% pinjaman suku bunga nya untuk 1-5jt. Lebih dari 5jt itu kita coba akses k bank bjb atw BRI, jadi tigal hal itu tujuanya hari ini. sesuai dengan rencana strategis dari pak wali dan pak wakil yang sudah di tuangkan di RJPMD. intiya Kita menyimpulkn kalo Umkm ini akan Go publik go internasional. kita fasilitasi per ijinannya Kita perkuat marketingnya kita perkuat permodalnya. Memamg di Cilegon ini belum ada tempat yg menghimpun prodak produk UMK Selanjutnya Kita pengen ada satu lokasi galeri yang memghimpun produk UMK. Karena kota cilegon strategis juga daerah trnsit sumatra. Ia berharap UMK go internasional. Dan gimana cara nya semua prodak kita ini bisa di akses keluar negri.”Papar Agus.

Ditempat yang sama Ditemui awak Media Undangan pemateri UMKM Narsum Muhamad Saleh SE. Selaku CEO aplikasi OPANG. ia berPesan untuk para UMK tentunya yang pertama kita harus bisa berinovasi mencari peluang-peluang bisnis atow usaha yang bisa mengembangakn diri untuk berkontribusi kepada masayarka, dan para stakeholder agar kita bermanfaat untuk orang banyak. kita di undang di umkm untuk pemateri tentunya kita memeprkenalkan diri. dengan perkenaln ini saya berharap bisa bekerja sama kedepn.”katanya.

“Muhamad soleh SE Sebagi pemilik Opang sendiri terus berinovasi menciptakan peluaang-peluang di bidang aplikasi. Opang yang saat ini terus mendapat kan penigkatan peminat dari masayrakat slalu mengupdet pengembangan playsotore agar betul-betul bisa mumpuni di bidang opang sendiri. Opang saat ini banyak di lirik oleh pihak pihak dari stakeholder dan dari perbank kan sudah beberapa kali ngajak untuk kerja sama namun hal ini akan menjadi konsen kita kedapa supaya opang ini betul-betul bisa bersaing dengan aplikasi aplikasi yang lain.”Tutur muhamad soleh CEO aplikasi opang.

(Red – yani)