SERANG, BON – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Indonesia (IARMI) Perovinsi Banten menggelar Seminar tentang Wawasan Kebangsaan (Wasbang) di SMK Pelayaran Kota Serang, Jum’at, 06 Desember 2019.

Seminar Wasbang yang mengusung tema “Menuju Generasi Penerus Bangsa Yang Cinta Tanah Air” diikuti peserta dari Menwa Mahasiswa Banten, Alumni Menwa IARMI Provinsi Banten, siswa-siswi SMK Pelayaran Kota Serang.

Sementara Narasumber dalam seminar Wasbang tersebut diantaranya, Ketua DPP IARMI Provinsi Banten H. Aripudin, Ketua Majelis Pertimbangan IARMI Provinsi Banten Agus Fatayasin, Alumni Menwa Banten Agus Munandar Dodi.

Dari ketiga Narasumber tersebut hasil kesimpulan Seminar Wasbang yaitu untuk memberi motivasi kepada generasi penerus untuk mengingatkan tentang sejarah Wawasan Kebangsaan yang ada Negara Republik Indonesia.

Menurut ketiga Narasumber tersebut bahwa Arti Wawasan Kebangsaan adalah pandangan bangsa Indonesia menyadari diri dari lingkungannya, mengutamakan kesatuan dan persatuan wilayah dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Harapan Narasumber bagi peserta yang ikut seminar yaitu dapat semangat meneruskan pejuang pahlawan yang membela bangsa negara Republik Indonesia yang pernah dijajah oleh Porotugis, Belanda, Jepang, Inggris yang mendapatkan hasil dengan kemerdekan dan dapat mempersatukan kesatuan dan persatuan bangsa pada jaman penjajahan yang dipelopori oleh Tokoh Nasional pahlawan Budi Utomo pada tahun 1908.

“Beliau lah pejuang bangsa yang bersifat Nasionalis yang melahirkan gerakan-gerakan kebangsaan di bidang politik, ekonomi, pendidikan, perdagangan, kesenian, Pers dan Kemitraan, tekad perjuangan itu lebih tegas lagi dengan Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928,” ungkap ketiga Narasumber tersebut. (RH/Red)