Cilegon,BantenOnlineNewsCom

MusyawarahPerencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2023 tingkat Kota Cilegon yang berlokasi di The Royal Krakatau, Kamis (31/03/2022).

Kegiatan Musrenbang RKPD tahun 2023 kali ini mengusung tema “Meningkatkan Kualitas SDM dan Daya Saing Ekonomi Menuju Cilegon Baru, Modern dan Bermartabat” dimana kegiatan ini di buka secara langsung oleh Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian yang didampingi Wakil Wali Kota Cilegon, Sanuji Pentamarta, Sekretaris Daerah Kota Cilegon, Maman Mauludin, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cilegon, Isro Mi’raj serta unsur Forkopimda Kota Cilegon.

Dalam sambutannya, Wali Kota Cilegon, Helldy Agustian menyampaikan jika kegiatan musrenbang tahun ini berbeda dengan sebelumnya, dimana musrenbang kali ini bersamaan dengan masuknya Kota Cilegon dalam ajang Penghargaan Pembangunan Daerah. “Perlu kami informasikan kegiatan musrenbang kali ini agak berbeda agendanya dengan musrenbang sebelumnya, sebab dengan waktu yang bersamaan pemerintah Cilegon terpilih masuk 10 kota dalam ajang Apresiasi atas Kualitas Perencanaan yang dinilai langsung oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional atau Bappenas melalui Ajang Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD),” ujarnya.

“Penghargaan pembangunan daerah kali ini diikuti kurang lebih 514 Kab/Kota se Indonesia dan Kota Cilegon menjadi satu – satunya yang mewakili Provinsi Banten, dan proses penilaiannya juga memiliki 3 tahap yaitu Penilaian Dokumen, Persentasi dan Wawancara, serta Verifikasi dan alhamdulillah tahap 1 dan 2 Pemerintah Kota Cilegon sudah selesai dilakukan,” sambungnya.

Lebih lanjut, Helldy mengatakan bahwa dalam satu tahun kepemimpinannya Kota Cilegon telah berhasil meraih 12 penghargaan. “Dalam satu tahun kepemimpinan kami, Pemerintah Kota Cilegon telah berhasil meraih 12 penghargaan dari beberapa penilaian kategori yang berkaitan dengan kinerja Pemerintah Daerah yang dimana salah satunya yaitu Penghargaan Daerah Paling Inspiratif dalam Pengelolaan Kota,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Helldy juga menyampaikan bahwa Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kota Cilegon terus mengalami kemajuan secara konsisten. “Berdasarkan dari data statistik yang dirilis oleh BPS Kota Cilegon, Pembangunan Manusia di Kota Cilegon secara konsisten terus mengalami kemajuan dimana hal ini ditandai dengan meningkatnya IPM di Kota Cilegon,” tuturnya.

“Pada tahun 2021 IPM Kota Cilegon mencapai 73,35 Point atau meningkat 0,30 point dibandingkan dengan tahun sebelumnya yaitu sebesar 73,05 point yang artinya IPM Kota Cilegon pada tahun 2021 mengalami percepatan dimana kenaikan IPM ini juga menjadi satu – satunya kota/kab yang kenaikan pencapainnya tertinggi di Provinsi Banten,” jelasnya.

Diakhir sambutannya, Helldy berharap RKPD 2023 dapat memberikan dampak positif untuk masyarakat Cilegon. “RKPD 2023 merupakan tahun kedua dalam RPJMD 2020 – 2026, dimana ditahun kedua ini kami mengharapkan adanya akselerasi dalam pencapaian dari target – taget pembangunan tahunan yang tercantum dalam dokumen RPJMD 2021-2026,” ungkapnya.

“Dimana berdasarkan hasil evaluasi maka terdapat 5 isu strategis yang akan kita hadapi pada RPJMD tahun 2023 yang berkaitan dengan kualitas layanan pemerintah, kualitas pendidikan, derjata kesehatan masyarakat, kualitas pembangunan dan kualitas hidup masyarakat serta pemerataan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Cilegon, Wilastri Rahayu menyampaikan bahwa kegiatan musrenbang digelar untuk mewujudkan visi dan misi Pemerintah Daerah. “Maksud dari kegiatan musrenbang ini yaitu sebagai wadah interkasi untuk mensinkronisasikan kegiatan perencanaan pembangunan dari berbagai instansi yang diusulkan mulai dari tingkat kelurahan, kecamatan hingga organisasi perangkat daerah di Kota Cilegon dimana hal ini bertujuan untuk mewujudkan visi dan misi Pemerintah Kota Cilegon serta menjadikan Cilegon Baru, Modern dan Bermartabat,” ucapnya.

Lebih lanjut, Wilastri menjelaskan terkait mekanisme penyelenggaran musrenbang RKPD 2023 yang terbagi menjadi 3 tahapan. “Terkait dengan mekanisme untuk musrenbang RKPD 2023 memiliki 3 sesi yaitu pertama sidang kelompok, kedua sidang pleno dan yang ketiga pemerikasaan serta penyerahan hasil diskusi kelompok,” pungkasnya

Sebagai informasi, proses perumusan perencanaan pembangunan tahun 2023 tingkat Kota Cilegon sudah dilakukan sejak Desember 2021 melalui proses Bottom Up yang dimulai dari usulan – usulan dan aspirasi masyarakat dari tingkat RT/RW, Kelurahan dan Kecamatan yang disinergikan dengan hasil rumusan pembangunan Top Down melalui tahapan forum perangkat daerah dan forum pokok – pokok pikiran DPRD.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Kepala OPD se Kota Cilegon, Anggota DPRD Kota Cilegon, Staf Ahli Wali Kota Cilegon, Pejabat Eselon III & IV di Lingkungan Pemerintah Kota Cilegon, Pimpinan Perusahaan BUMN/BUMD/BUMS se Kota Cilegon, Perwakilan Instansi Pemerintah Vertikal, Pimpinan Universitas serta Organisasi Masyarakat di Kota Cilegon. (Red/bay)