bpbd-cilegon

CILEGON ,BON | Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cilegon mengelar pelatihan Relawan Distana di Hotel Marina Anyar, Senin (28/11/2016).

Ketua Panitia Pjok Destana Kota Cilegon, Utang Sutardi mengatakan, bahwa kegiatan pelatihan ini dianggarkan dari APBN yang ditunjuk untuk pelatihan tersebut yaitu Kelurahan Gerem dan Kelurahan Lebak Gede.

Maksud tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesiap siagaan masayarakat dalam menghadapi bencana alam, khususnya di Kelurahan Lebak Gede, Kecamatan Pulomerak dan Kelurahan Gerem, Kecamatan Gerogol, mengenalkan menambah wawasan pengetahuan tentang pemahaman ilmu keterampilan cara menolong orang yang terkena bencana, seperti materi PMI, cara mendirikan tenda darurat, cara menolong orang tengelam, nara sumber dari TNI, Basarnas, BPBD Kota Cilegon, Polri Polda Banten, Badan Diklat Prov Banten.

Adapun jumlah peserta yang ikut pelatihan relawan Destana berjumlah 60 orang.

Kegiatan ini dilaksankan dari tanggal 28 Nov-2 Des -2016 yang dibuka oleh Ketua PLT BPBD Kota Cilegon Purwardi sekaligus memberi sambutan kepada peserta.

“Kegiatan ini berdasarkan Hukum Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penangulangan Bencana, Peraturan Pemerintah Nomor 21 Tahun 2008 tentang penyelenggaraan penangunlangan bencana. Harapan kami, dengan dibentuknya relawan Destana yang ditunjuk di Kelurahan Gerem, dan Lebak Gede agar lebih dilatih lagi untuk kesiagaan bencana dan diaplikasikan kepada masyarakat yang membutuhkan pertolongan,” kata Purwardi. (RH/BAY)