Foto Ilustrasi
Foto Ilustrasi

CILEGON, BON | Proyek Pengairan yang berada di Lingkungan Kedawunga, Kelurahan Taman Baru, Kecamatan Citangkil, terkesan asal-asalan dalam pembangunannya. Pasalnya, belum ada satu tahun, Proyek pembangunan Kali Gedung Ingas yang menghabiskan Anggaran Ratusan Juta tersebut Jebol diguyur hujan beberapa waktu lalu.

Jika ini tidak cepat ada perbaikan dari Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Cilegon untuk tanggul yang Jebol di Kali Gedung Ingas Lingkungan Kedawung tersebut akan mengakibatkan gagal panen bagi para Petani, karena Kali Gedung Ingas Satu satunya Kali yang mengairi Sawah tersebut.

Salah seorang petani , Jamhari mengatakan, jika tidak cepat diperbaiki, tanggul yang jebol tersebut akan mengakibatkan kekeringan dan gagal panen.

‘’Kali Dau’an (Gedung Ingas-red) kalau tidak cepat diperbaiki aliran airnya tidak langsung masuk ke sawah warga, bisa-bisa kita gagal panen. Kali Dau’an ini yang selama ini mengairi pesawahan warga sekitar,” kata Jamhari.

Saat ditemui, Ketua RT setempat, Ghojali menerangkan, pihaknya sudah mengajukan permuhonan untuk perbaikan tanggul Kali Gedung Ingas yang jebol tersebut ke pihak DPU Kota Cilegon.

“’Dari pihak kami sudah melayangkan surat kepada pihak Kelurahan serta DPU. Namun sampai sekarang belum ada tindak lanjutnya,” terangnya.

Ghojali juga menambahkan, kalau Kali Gedung Ingas tersebut tidak langsung diperbaiki akan ada dampak bagi para petani yang berada di lingkungannya.

”Kalau tidak secepatnya diperbaiki tanggul yang jebolnya, para petani akan terancam gagal panen. Karena semua sawah yang berada di sekitar itu, aliran airnya dari Kali Gedung Ingas,” tambahnya.

Di lain tempat, Kabid Perairan, DPU Kota Cilegon, Retno menjelaskan, pihaknya akan segera memperbaiki tanggul yang jebol tersebut karena masih ada tahap pemeliharaan.

“Kita ada pemeliharaan. Akan segera diperbaiki. Kalau dari Kelurahan sudah ada suratnya. Kita tinggal tindak lanjuti,” jelasnya. (Red/TIM)